Pemudik Serbu Obyek Wisata, Pertamina Kerahkan SPBU Kantong

METROSEMARANG.COM – Jumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) kantong ditambah di jalur pantai selatan Jawa Tengah mengingat tingginya animo pemudik saat berlibur di sejumlah obyek wisata. General Manager PT Pertamina MOR IV Jawa Bagian Tengah dan DIY, Ibnu Chouldum mengatakan SPBU kantong kini dibangun di Kabupaten Wonogiri, Gunungkidul dan Sragen.

Personel Pertamina disiagakan untuk menjamin ketersediaan BBM selama mudik Lebaran. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

“Kita fokuskan penambahan SPBU kantong di area Soloraya dan Daerah Istimewa Yogyakarta karena di sana obyek wisatanya sangat banyak,” kata Ibnu di TBBM Pengapon Semarang, Minggu (25/6).

SPBU kantong, kata Ibnu dibangun satu titik di Sragen sedangkan di Gunungkidul kini terdapat dua titik. Pembuatan SPBU kantong juga dimaksudkan untuk memfasilitasi pemudik yang menempuh perjalanan jauh menuju obyek wisata.

Untuk memperlancar layanan selama liburan panjang Lebaran, pihaknya sudah mengerahkan ratusan awak mobil tangki (AMT) di semua daerah. Tiap mobil, ia melanjutkan diisi dua personel.

Para personel mobil tangki tersebut nantinya bertugas mendistribusikan semua jenis BBM ke lokasi yang kehabisan stok.

Ia menyatakan selama arus mudik dan libur panjang Lebaran, konsumsi BBM melambung tinggi. Rata-rata mengalami kenaikan 40 persen setiap hari.

“Sejak H-3 dan H-4 Lebaran, konsumsinya naik terus. Malahan kita lihat lonjakan konsumsi BBM lebih tinggi ketimbang tahun lalu pada periode yang sama,” akunya.

Konsumsi tertinggi berada pada bahan bakar pertalite kemudian disusul pertamax serta premium. “Grafiknya memang naik terus,” ungkapnya.

Ia pun mengapresiasi langkah sigap pemerintah pusat yang sangat konsen terhadap peningkatan layanan infrastruktur di jalan raya.

“Keberadaan Jalan Tol Gringsing sekarang benar-benar jadi tumpuan arus mudik, itu sangat membantu sekali terutama pada siang hari,” tukasnya. (far)

You might also like

Comments are closed.