181 Pendaftar Panwascam di Semarang Lolos Seleksi Administrasi

METROSEMARANG.COM – Sebanyak 181 pendaftar Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) di Kota Semarang lolos seleksi administrasi. Tahap selanjutnya mereka akan menjalani tes tertulis dan wawancara, sebelum nantinya hanya akan disaring menjadi 3 orang yang akan bertugas sebagai Panwascam di masing-masing kecamatan di Semarang.

Sebanyak 181 peserta lolos administrasi seleksi Panwascam. Foto: istimewa

Ketua Panwaslu Kota Semarang, Muhammad Amin, mengatakan pihaknya mempersiapkan pelaksanaan Pemilukada Jawa Tengah tahun 2018, dengan agenda pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah. Panwaslu telah langsung membuka pendaftaran panitia pengawas pemilu kecamatan atau Panwascam.

”Pendaftaran anggota Panwascam telah kami buka sejak tanggal 30 Agustus hingga 5 September lalu,” ujarnya, Kamis (14/9).

Menurutnya, selama masa pendaftaran tercatat ada 187 pendaftar. Dan setelah dilakukan verifikasi berkas pendaftarannya, hanya ada 6 pendaftar yang dinyatakan tidak lolos seleksi administrasi, sedangkan sisanya 181 pendaftar dinyatakan lolos.

Bagi mereka yang lolos tahap selanjutnya akan dilakukan tes tertulis dan tes wawancara. Sebelum nantinya menurutnya akan disaring dan diambil 3 orang saja per kecamatan untuk menjadi Panwascam di masing-masing kecamatan yang ada di Semarang.

”Sehingga total ada 48 yang akan dinyatakan lolos untuk 16 kecamatan yang ada di Kota Semarang,” jelasnya.

Amin menjelaskan, tes tertulis direncanakan akan digelar pada tanggal 16 September di Aula Kantor Kecamatan Semarang Utara. Sedangkan tes wawancara akan dilakukan pada tanggal 20-21 September. ”Setelah itu pada tanggal 22 September akan langsung diumumkan 3 orang yang menjadi Panwascam,” imbuhnya.

Ditambahkan, mereka yang akan menjadi Panwascam nantinya akan bertugas selama 9 bulan atau saat tahapan Pemilukada Gubernur Jawa Tengah saja. Ia berharap, mereka yang nanti terpilih sebagai anggota Panwascam dapat bekerjasama dengan Panwaslu untuk menciptakan pemilu yang jujur dan adil. (duh)

You might also like

Comments are closed.