Pendaftaran SD Negeri Dibuka Mulai 21 Juni

Ilustrasi
Ilustrasi

SEMARANG – Penerimaan Peserta Didik (PPD) sekolah dasar (SD) negeri tahun ajaran 2015/2016 akan dibuka mulai 21-25 Juni 2015. Jumlah SD negeri yang membuka pendaftaran tahun ini mengalami penyusutan dibanding tahun sebelumnya.

Kepala Bidang Monitoring dan Pengembangan Dinas Pendidikan Kota Semarang, Taufik Hidayat menjelaskan, pendaftaran PPD SD tahun ini adalah 327 sekolah negeri se-Kota Semarang. Jumlah ini lebih sedikit dibanding tahun 2014, yakni sebanyak 339 SD.

Menurut dia, penyusutan itu terjadi karena ada regrouping (penggabungan) sekolah. “Daya tampung masih relatif sama dengan tahun lalu, sekitar 19 ribuan,” kata Taufik, Senin (25/5).

Untuk pendaftaran, kata dia, dilakukan secara online. Tapi, untuk SD, pendaftar diwajibkan datang sendiri ke sekolah. Selanjutnya, data pendaftaran diunggah dalam jaringan oleh operator masing-masing SD.

“Kami juga akan memberikan bimbingan teknis kepada operator dan ketua PPD pada 28 Mei sampai 1 Juni,” imbuh Taufik.

Pelaksanaan PPD SD tahun ini memakai sistem jurnal peringkat berdasarkan usia. Pendaftar harus berusia minimal enam tahun. Anak yang berusia kurang dari enam tahun, dapat mendaftar dengan rekomendasi psikolog. Jurnal akan ditampilkan dalam situs PPD, yang bisa diakses oleh khalayak.

Taufik menegaskan, PPD SD tidak boleh dilakukan dengan menguji pendaftar dengan kemampuan baca, tulis, hitung. Sejak PPD dilakukan secara online, tak ada lagi SD negeri yang bisa mencuri-curi melakukan tes baca tulis hitung. (MS-06)

You might also like

Comments are closed.