Pendapatan BPHTB Ditantang Bisa Mencapai Rp 500 Miliar

METROSEMARANG.COM – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Semarang ditantang bisa memperoleh pendapatan dari sektor pajak BPTHB (Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan) pada tahun ini sebesar Rp500 miliar.

Plt Sekda Kota Semarang Agus Riyanto dan Kepala Bapenda Yudi A Mardiana bersama sejumlah notaris pada acara Gathering dan FGD, Kamis (22/2). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang Agus Riyanto mengatakan, perolehan BPHTB menyumbang cukup besar terhadap pendapatan daerah dari sektor pajak mencapai 30 persen. Namun perolehan pajak BPHTB dinilai masih dapat ditingkatkan lagi.

‘’Mestinya target tahun ini dapat naik signifikan mencapai Rp500 miliar, karena NJOP tahunan sudah naik yang otomatis pajak penjualan tanah dan bangunan juga naik,’’ katanya pada acara Gatherig dan Forum Group Discussion Bapenda dengan PPAT di Thamrin Square Semarang, Kamis (22/2).

Kepala Bapenda Kota Semarang Yudi A Mardiana mengatakan, acara gathering dan diskusi ini bertujuan untuk membangun sinergi antara Bapenda dan PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah) sebagai penyumbang terbesar perolehan pajak BPHTB.

Menurutnya, target perolehan pajak BPHTB tahun ini cukup besar mencapai Rp333,5 miliar. Sampai dengan 21 Februari 2018 realisasinya sudah mencapai Rp32,8 miliar atau 9,8 persen, lebih tinggi dari tahun lalu pada tanggal yang sama hanya Rp 26 miliar atau 8,5 persen.

‘’Target ini lebih besar dari tahun lalu senilai Rp320 miliar dengan realisasi pada 30 Desember 2017 mencapai sebesar Rp416 miliar atau 130,12 persen,’’ terangnya.

Untuk tantangan di tahun ini realisasinya bisa mencapai Rp500 miliar, Yudi mengatakan BPTHB sifatnya transaksional. Sehingga tidak dapat diprediksi meskipun diharapkan tahun 2018 ini juga akan banyak transaksi penjualan seperti tahun lalu.

‘’Kalau memang banyak transaksi malah kemungkinan bisa lebih dari Rp500 miliar. Jika melihat tren transaksi di Kota Semarang ini memang tiap tahun selalu meningkat, kami harapkan mudah-mudahan tahun ini pun begitu. Mudah-mudahan banyak realisasi jual beli baik tanah, gedung, apartemen atau apapun,’’ tegasnya. (duh)

You might also like

Comments are closed.