Turunkan 4 Heli Apache, Tentara Amerika Latihan Perang di Semarang

Latihan Bersama TNI AD - US Army (foto: Metro)
Latihan Bersama TNI AD – US Army (foto: Metro)

Prajurit TNI dari Penerbad TNI AD melakukan latihan bersama dengan tentara Amerika dari US Army. Latihan bersama yang menggunakan sandi Garuda Shield tersebut dibuka tadi pagi di Lanumad Ahmad Yani Semarang.

Latihan bersama yang sudah memasuki tahun kedelapan tersebut dilakukan dari tanggal 1-23 September 2014. Lokasi latihan ada di dua tempat, yakni di Semarang dan di Asembagus, Situbondo, Jawa Timur. Latihan di Semarang berupa Aviation Exercise, sementara di Asembagus meliputi Ground Force Exercise yang dirangkai dengan Calfex (Combined Arms Life Fire Exercise). Materi latihan yang dilakukan tersebut meliputi pengintaian udara, bantuan tembakan, manuver mobilitas udara, dan evakuasi udara.

Latihan tahun ini melibatkan 207 personil dari Penerbad dan 103 personil dari US Army Aviation dengan menggunakan 15 unit Helikopter yang terdiri dari 4 Bell-412, 2 BO-105, 2 MI-35, 1 MI-17V5, 4 AH-64 Apache, 1 UH-60 Black Hawk dan 1 HH-60 Black Hawk.

Latihan itu sendiri dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan peserta latihan sesuai modul pelatihan yang berlaku di PBB. Selain itu dengan latihan bersama Garuda Shield diharapkan dapat memberikan pemahaman bagi peserta latihan untuk dapat melaksanakan tugas sebagai pasukan penjaga perdamaian PBB maupun dalam melaksanakan tugas-tugas negara yang berhubungan dengan operasi penerbangan. (MS-01)

You might also like

Comments are closed.