Pengajuan Bantuan Ditolak, Pemkot Biayai Sendiri Polder Banger

image

SEMARANG – Merasa tak kunjung ada kejelasan tentang kerja sama dengan pemerintah pusat, Pemkot Semarang berencana menganggarkan sendiri penyelesaian pembangunan sitem Polder Banger. Hal itu disampaikan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi usai mengikuti Rapat Paripurna Jawaban Pandangan Fraksi di DPRD Kota Semarang, Selasa (4/11/2014).
 
Menurutnya, penanganan banjir di wilayah timur Kota Semarang sangat mendesak. Maka untuk itu pihaknya memutuskan untuk menganggarkan sendiri pembangunan dan penyelesaian sistem Polder Banger yang ada di Kecamatan Semarang Timur. 
 
‘’Dengan melihat kebutuhan anggaran sekitar Rp 44 miliar, kami memutuskan untuk menganggarkan sendiri. Apalagi kebutuhan polder untuk mengatasi rob dan banjir kami rasa sangat mendesak,’’ katanya.
 
Pembuatan jalur dan saluran menuju sistem induk juga akan dilaksanakan di luar upaya penyelesaian pembangunan polder. ‘’Dalam upaya penanganan banjir dan rob, visi kami di 2015 adalah menyelesaikan sistem Banger. Entah itu dibiayai sendiri atau dibiayai pemerintah pusat. Karena bagi kami penanganan banjir dan rob harus diutamakan, apalagi jika itu bermanfaat bagi masyarakat,’’ tegasnya. 
 
Diakuinya, dengan pembiayaan sendiri pembangunan polder akan ada perubahan perundingan seperti yang telah disepakati dengan MoU antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kota Semarang. 
 
‘’Kesepakatan itu akan kembali dikoordinasikan dan dirundingkan. MoU akan sedikit direvisi, dengan pemindahan alokasi anggaran pemerintah pusat untuk penanganan misalnya rob Tambaklorok,’’ paparnya.

Sebelumnya, pembangunan Polder Banger yang menghabiskan anggaran miliar rupiah terancam sia-sia. Hingga kini infrastruktur dan fasilitas yang sudah dibangun belum bisa difungsikan.

Penyebabnya persoalan pembebasan bangunan warga di atas aset lahan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) yang akan dijadikan kolam retensi sistem Banger. Hingga kini persoalan lahan itu belum tuntas dan jadi hambatan utama penyelesaian pekerjaan pembangunan Polder Banger. (MS-13)
 

You might also like

Comments are closed.