Pengembang Kesulitan Tambah Land Bank

METROSEMARANG.COM – Saat ini, pengembang mengalami kesulitan dalam menyediakan land bank. Hal itu dikarenakan harga tanah yang dijual di Kota Semarang sudah sangat tinggi bagi pengembang.

Harga tanah yang melambung tinggi membuat pengembang kesulitan menambah land bank. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Wakil Ketua Bidang Perbankan Real Estate Indonesia (REI) DPD Jawa Tengah, Wibowo Tedjo Sukmono menginginkan adanya campur tangan pemerintah untuk dapat mengendalikan harga tanah. Dengan intervensi harga dari pemerintah, pengembang juga akan lebih tenang melakukan pembangunan.

Namun hal itu dirasa cukup sulit lantaran tiap tahun pajak PBB selalu naik. Secara otomatis masyarakat juga akan menaikkan harga dengan sendirinya.

“Idealnya harga tanah adalah seperdelapan dari harga unit yang akan kami jual. Namun nyatanya saat ini harga tanah sudah mencapai seperempat harga unit yang kami lepas. Tentu ini sangat tidak mungkin mengingat belum termasuk infrastruktur lain di dalamnya,” katanya, Jumat (21/7).

Dia menambahkan, saat ini land bank yang tersedia tinggal 10 persen yang sebagian besar terdapat di Semarang bagian timur dan selatan. (ade)

You might also like

Comments are closed.