Penutupan Terboyo dan Pemindahan Bus ke Mangkang Batal 

METROSEMARANG.COM – Penutupan Terminal Terboyo dan pemindahan seluruh bus yang sedianya pada Senin (15/1) kemarin batal dilakukan. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang, Mukhammad Khadiq, setelah rapat koodinasi bersama dengan pihak terkait di Terboyo, Selasa (16/1).

Dishub Kota Semarang menjelaskan keputusan bus masih boleh masuk Terminal Terboyo kepada para sopir bus. Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

M Khadiq mengungkapkan, karena masalah pemindahan bus menyangkut kepentingan antara Kementerian Perhubungan, Dishub Provinsi Jateng, Dishub Kota Semarang dan masyarakat, maka dalam rapat diputuskan akan dikoordinasikan dan dikomunikasikan dulu.

Masalah pemindahan bus akan dikomunikasi bersama dengan para pihak terkait tersebut untuk mencari bagaimana baiknya.

‘’Sementara menunggu rapat dan hasilnya, bus tetap dibolehkan memanfaatkan Terminal Terboyo tapi tidak di dalam karena selasar akan segera dibongkar, dan juga tidak di pinggir jalan karena akan menambah kemacetan,’’ kata M Khadiq.

Menurutnya, antara bus Antara Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) ada kaitannya atau saling terkait khususnya terkait penumpang. Sehingga kalau AKAP dipindah ke Terminal Mangkang maka seperti tuntutan para supir bus, AKDP juga diharapkan dipindahkannya ke Terminal Mangkang.

Padahal sementara ini sesuai rencana bus AKDP akan dipindahkannya ke Terminal Penggaron. Hal inilah yang akan dibahas dalam rapat koordinasi dengan semua pihak terkait.

‘’Mudah-mudahan nanti bisa diambil keputusan terbaik, yang bisa mengakomodir semua kepentingan,’’ tegasnya.

Sementara itu perwakilan supir bus, Daman Duri mengatakan, mereka saat ini tidak mau jalan atau beroperasi karena posisi Terminal Terboyo telah ditutup dan seluruh bus diminta pindah ke Terminal Mangkang dan Penggaron.

Mereka bersedia Terboyo ditutup asalkan semua bus baik AKAP maupun AKDP dan juga angkutan kota dipindahkan ke satu tempat di Terminal Mangkang.

‘’Kami tidak mau jalan karena belum ada keputusan jelasn, permintaan kami kalau memang AKAP tidak bisa di Terboyo dan pindah ke Mangkang, maka seluruhnya juga pindah ke Mangkang. Jadi apa yang jadi isinya Terboyo pindah ke Mangkang, kalau tidak bisa ya kami akan tetap disini (Terboyo) dulu,’’ tegasnya.

Seperti diketahui, Dishub Kota Semarang sebelumnya telah resmi menutup Terminal Terboyo dan memindahkan seluruh bus pada Senin (15/1) kemarin. Untuk bus AKDP dipindahkan ke Terminal Penggaron dan AKAP ke Terminal Mangkang.

Pemindahan tersebut seiring perubahan status Terminal Terboyo dari Tipe A menjadi Tipe C yang kewenangannya beralih ke Pemkot Semarang. Rencananya Terminal Terboyo akan dipakai untuk terminal peti kemas dan parkir truk. (duh)


You might also like

Comments are closed.