Ini Penyebab Masyarakat Sulit Beli Rumah

METROSEMARANG.COM – Banyak faktor yang menjadikan masyarakat, terutama Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) untuk memiliki rumah. Kebijakan pemerintah dirasa kurang jelas, terutama tentang kepemilikan lahan atau rumah.

Ketua DPD Apersi Jawa Tengah, Bayu Rama Djati. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Saat ini, kepemilikan rumah hanya bisa dinikmati orang yang sudah kaya. Mereka membeli rumah kedua bahkan rumah ketiga bukan untuk dihuni, melainkan untuk investasi.

Rumah yang sejatinya merupakan kebutuhan pokok manusia kini menjadi semakin berar untuk dimiliki MBR. Hal itu juga menyebabkan harga lahan atau rumah menjadi sulit untuk dikendalikan sehingga MBR kesulitan menebus harga tersebut.

“Inflasi yang tidak seimbang antara kenaikan gaji karyawan dan harga rumah juga menjadi biang sulitnya memiliki rumah,” kata Ketua DPD Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Jawa Tengah, Bayu Rama Djati, Senin (6/3).

Beberapa waktu lalu, perizinan dan prasarana juga menjadi keluhan para pengembang. Di pemerintahan kali ini, dia bersyukur dengan adanya Saber Pungli yang meminimalisir ‘permainan’ di pemerintah dalam penerbitan izin. (ade)

You might also like

Comments are closed.