Penyerangan Warga, Pemusnahan KTP dan Pengamanan Natal-Tahun Baru

Berita Pekan Ini

Titik kemacetan tertinggi diprediksi muncul di gerbang tol Kalikangkung yang berada di antara Tol Batang-Semarang. Pada 21 Desember 2018, gerbang tol Weleri terpantau dipadati kendaraan.

PEKAN ini, kabar tentang pengeroyokan yang dilakukan segerombolan orang tak dikenal terhadap warga Kelurahan Pekunden menjadi sorotan. Yuliani (39 tahun), pada 18 Desember 2018 melapor ke Polsek Semarang Tengah, atas penyerangan yang terjadi padanya dua hari sebelumnya.

Ia merupakan penjaga kos yang diserang sekelompok orang pada dini hari. Menurutnya, orang-orang yang melakukan penyerangan, mencari orang lain di rumah kos tersebut. Tak mendapatkan jawaban yang diinginkan, Yuliani lantas dipukul dan dilempar batu. Yuliani lebih dulu menjalani perawatan di rumah sakit sebelum melaporkan kejadian tersebut kepada polisi.

Setelah pelaporan, polisi lantas bekerja. Dari enam orang yang diperiksa, dua di antaranya ditetapkan sebagai tersangka pengeroyokan dan ditahan. Lima orang masih diburu polisi. Polisi menyebut, penyerangan dipicu suara knalpot sepeda motor yang disinyalir dimiliki orang yang tinggal di rumah kos yang dikelola Yuliani.

pemusnahan KTP
Pemusnahan KTP rusak dan invalid di Kota Semarang. (foto: metrojateng.com)

 

Pemusnahan KTP Invalid

Sebanyak 28.128 keping Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP El) dibakar untuk dimusnahkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Semarang, Rabu, 19 Desember 2018. Pemusnahan tersebut menyusul instruksi Menteri Dalam Negeri dalam surat edaran nomor 470.13/11176/SJ tanggal 13 Desember 2018.

Puluhan ribu keping KTP itu adalah KTP invalid yang dikumpulkan sejak 2011 hingga 2018. Berdasar data Dispendukcapil, masih ada 12.000 warga Kota Semarang yang belum terekam data KTP Elektronik.

Pemusnahan serupa juga dilakukan di Kendal. Selain membakar, pemusnahan juga dilakukan dengan cara melubangi dan memotong kepingan. Di Solo, 54.404 keping KTP invalid dan KTP rusak dibakar untuk dimusnahkan di depan Balai Kota. Di Banyumas, sebanyak 6.295 KTP dimusnahkan dengan cara dibakar di depan Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

 

Natal dan Tahun Baru

Menjelang perayaan Hari Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, sejumlah persiapan dilakukan. Termasuk persiapan pengamanan. Satuan Brimob Polda Jawa Tengah menyatakan bakal melaksanakan Operasi Lilin Candi 2018.

Kepolisian Daerah Jawa Tengah, mengerahkan 16.000 personel gabungan dari seluruh daerah untuk Operasi Lilin Candi 2018. Pengamanan difokuskan pada tempat ibadah, obyek wisata hingga jalan. Di Sukoharjo sebanyak 460 personel gabungan disiagakan. Gereja dan pusat keramaian menjadi prioritas pengamanan.

Tiga ruas tol di Jawa Tengah resmi beroperasi mulai Kamis, 20 Desember 2018. Jalan tol ini terintegrasi dengan jalan tol dari Merak hingga Banyuwangi. Ratusan aparat kepolisian mempertebal penjagaan di ruas Tol Brebes sampai gerbang Tol Sragen.

Titik kemacetan tertinggi diprediksi muncul di gerbang tol Kalikangkung yang berada di antara Tol Batang-Semarang. Pada 21 Desember 2018, gerbang tol Weleri terpantau dipadati kendaraan.

Kendati tol baru telah dibuka, jalur udara Semarang-Jakarta masih menjadi favorit. Otoritas Bandara Ahmad Yani Semarang memperkirakan akan ada kenaikan penumpang di saat libur Natal dan Tahun Baru 2019 sebesar 12 persen dari hari-hari biasa. (*)

Comments are closed.