Perampok Spesialis Lansia Berkeliaran di Semarang

METROSEMARANG.COM – Dua orang tersangka pencurian dengan kekerasan diringkus tim Reserse Mobile (Resmob) Polrestabes Semarang. Kedua tersangka, Erwin (40) warga Telukbetung, Bandar Lampung dan Amir (39) warga Cikande Kabupaten Serang mengincar korban yang lanjut usia (lansia).

Dua perampok spesialis lansia dibekuk polisi. Foto: metrosemarang.com/efendi

Wakapolrestabes Semarang, AKBP Enrico Silalahi mengatakan, kedua tersangka  sudah dua kali melakukan tindak kejahatan di wilayahnya. Kali pertama dilakukan pada 4 Februari 2018 di Halte BRT Jalan Setiabudi. Saat itu tersangka merampas barang berharga milik korban Sri Murtini (51), warga Jalan Batan Timur Raya, Miroto, Semarang Tengah.

“Jadi modusnya ini kedua tersangka awalnya mengendarai mobil dan berhenti di suatu tempat. Mereka kemudian memanggil korban seakan-akan kenal dan diajak masuk mobil. Korbannya mereka memang menyasar wanita di atas 50 tahun,” ujar Enrico saat gelar perkara di Mapolrestabes Semarang, Kamis (5/4).

Tak hanya itu, tersangka bahkan melukai korban dengan cara dipukul berulang kali di dalam mobil. Setelah berhasil merampas barang berharga milik korban, mereka kemudian menurunkannya di pinggir Jalan Tol Manyaran, Semarang.

Tindak kejahatan tersebut juga dilakukan kembali oleh kedua tersangka pada 15 Maret 2018 lalu. Korban bernama Susi Kadarwati (69), warga Jalan Gaharu Utara Dalam, Kelurahan Srondol Wetan, Banyumanik. Saat itu mereka berhasil menggondol dua cincin emas, dua kalung emas, serta uang senilai Rp 3 juta.

“Korban kejadian 15 Maret lalu diturunkan oleh tersangka di pinggir jalan tol. Korban ini juga sempat dipukuli oleh tersangka di dalam mobil,” imbuh Enrico.

Enrico menambahkan, kedua tersangka bakal dijerat dengan Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan dengan ancaman hukuman maksimal 9 tahun penjara. (fen)

You might also like

Comments are closed.