Perbaikan Permanen Jalan Pawiyatan Luhur Butuh Dana Rp 120 Miliar

METROSEMARANG.COM – Kerusakan parah di Jalan Pawitan Luhur Kota Semarang akan segera diperbaiki. Namun demikian, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang terkendala dengan anggaran yang membutuhkan dana cukup besar sebanyak Rp120 miliar.

Perbaikan Jalan Pawiyatan Luhur secara permanen butuh dana Rp 120 miliar. Foto: metrosemarang.com/dok

Kepala DPU Kota Semarang Iswar Aminnudin mengatakan, pihaknya sudah selesai melakukan kajian untuk perbaikan Jalan Pawiyatan Luhur. Rekomendasi dari para konsultan, perbaikan jalan itu adalah harus dilakukan dengan menggunakan pemasangan pondasi bore pile.

Tetapi, untuk pemasangan bore pile dengan kedalaman mencapai 100 meter lebih ternyata dihitung sangat mahal. Anggarannya diperkirakan mencapai sekitar Rp120 miliar.

‘’Dana Pemerintah Kota Semarang tidak mencukupi, makanya kami sudah mengajukan proposal (bantuan) kepada Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat),’’ ujarnya, Senin (26/2).

Sambil menunggu disetujuinya permohonan bantuan, Pemkot Semarang tetap melakukan langkah sementara untuk perbaikan Jalan Pawiyatan Luhur dengan dikepras. Tim dari DPU sudah melakukan perhitungan di lapangan kebutuhan material untuk pemeliharaan jalan ini.

‘’Jadi penanganannya sama jalan akan ditambal kemudian jalan yang patah diperbaiki,’’ katanya.

Pihaknya akan segera melakukan pengerukan jalan dengan alat berat kemudian penghamparan pasir batu dilanjut pengaspalan. Diharapkan dalam 2 minggu ke depan pengerjaan jalan sudah bisa selesai dan kondisinya sudah kembali layak dilewati kendaraan.

Iswar menegaskan, tidak ada rencana membuat jalan baru terkait kerusakan Jalan Pawiyatan Luhur. Sebab masyarakat yang berada di sekitarnya akan kasihan apabila jalan tersebut dipindahkan.

‘’Meski perbaikan sementara kami jamin hasilnyatetap bagus, karena ini bukan hanya penambalan biasa, tapi nanti akan diperbaiki patahan-patahannya kemudian diaspal, jalan bisa bertahan 8 bulan hingga satu tahun,’’ tandasnya. (duh)

You might also like

Comments are closed.