Perbaiki Layanan, Angkasa Pura Jajaki Kepuasan Penumpang Pesawat

METROSEMARANG.COM – Untuk membenahi beragam pelayanan di jalur udara, PT Angkasa Pura I menggelar penilaian terpadu yang diambil dari tiap keluhan penumpang pesawat yang ada di Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang.

Antrean penumpang di Bandara Ahmad Yani. Foto: metrosemarang.com/dok

Penilaian kualitas Bandara Ahmad Yani diukur berdasarkan Indeks Kepuasan Pelanggan/Customer Satisfaction Index (CSI), Tingkat Pelayanan (Level of Service) serta indikator penunjang fasilitas bandara.

Pengukuran CSI berlangsung seminggu mulai 8-14 April 2017 nanti. Hidya Putri Ramadina, Communication Officer Bandara Internasional Ahmad Yani mengatakan, jajak pendapat penumpang dimulai saat jadwal penerbangan pertama di pagi hari sampai petang.

“Kegiatannya diselenggarakan tim Indonesia National Air Carriers Association (INACA) yang dibantu internal PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Ahmad Yani yang berjumlah 19 orang,” katanya, Rabu (12/4).

Penilaian terhadap bandaranya juga melibatkan lima orang agen penerbangan yang bertugas membagikan kuesioner sekaligus berinteraksi secara personal kepada pengguna jasa kebandaraan.

Kuisioner disebar kepada para penumpang, kru pesawat, pengguna terminal kargo, konsesioner dan station manager maskapai penerbangan.

Target kuisioner yang dibagikan kepada para pengguna jasa bandara perharinya berjumlah 100 kuisioner. Sedangkan isi dari kuisioner yang dibagikan kepada pengguna jasa bandara lebih kepada akses di Bandara Ahmad Yani, keamanan dan keselamatan yang ada, fasilitas dan pelayanan yang diberikan dan hal lainnya.

“Pada kolom terakhir, pengguna jasa Bandara bersedia memberikan komentar terbaik, terburuk dan saran kepada Bandara Ahmad Yani agar menjadi Bandara yang lebih baik lagi,” jelasnya.

Nina seorang penumpang pesawat lion air tujuan Jakarta mengatakan, “Biar pengelola bandara tahu apa yang diinginkan oleh penumpang dan keluhan-keluhan untuk perbaikan bandara kedepannya,” tandasnya. (far)

You might also like

Comments are closed.