Peringati Hari Air, Wapalhi Polines Beri Penyuluhan Ibu-ibu PKK di Kaligawe

METROSEMARANG.COM – Wahana Pecinta Lingkungan Hidup (Wapalhi) Politeknik Negeri Semarang (Polines) memperingati Hari Air sedunia di Kelurahan Kaligawe, Semarang. Hal itu dilakukan lantaran Kaligawe merupakan wilayah di Kota Semarang yang masih memiliki masalah air bersih, mulai dari akibat rob, banjir hingga perilaku warganya terhadap sungai.

Penyuluhan perilaku hidup sehat di Kelurahan Kaligawe, Semarang, Minggu (25/3). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Peringatan Hari Air dilakukan dua hari, mulai 24 Maret hingga 25 Maret 2018 dengan berbagai kegiatan. Mulai dari pengecatan tong sampah di lingkungan SD Kaligawe, dialog tentang lingkungan sungai antara masyarakat dan instansi pemerintahan terkait.

Diskusi dihadiri warga dan perwakilan Pemkot Semarang, DPRD Kota Semarang, BBWS, Walhi dan lain-lain. Fokus utama pembahasan adalah mengenai progres normalisasi Banjir Kanal Timur dan pembuatan Polder untuk mengatasi banjir dan rob di wilayah Kaligawe yang kerap terjadi.

Pada hari kedua, Wapalhi melaksanakan penyuluhan kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga kebersihan, terutama penggunaan air bersih. Di Kaligawe masih ada masyarakat yang belum terlalu memperhatikan kebersihan yang bisa berakibat munculnya berbagai macam penyakit.

“Di hari kedua kami ingin menggugah kesadaran masyarakat untuk hidup sehat. Kami juga melakukan cek kesehatan gratis. Sasarannya adalah ibu-ibu PKK yang ada di lingkungan Kelurahan Kaligawe,” ungkap panitia kegiatan, Restu Burhanudin, Minggu (25/3).

Kegiatan peringatan Hari Air ini merupakan kali kedua dilaksanakan oleh Wapalhi Polines. Sebelumnya, kegiatan peringatan Hari Air pernah dilaksanakan di Sumurboto, Banyumanik pada 2015. (ade)

You might also like

Comments are closed.