Peringati Hari Jadi Kota Semarang, Wali Kota Hendi Pamer Keberhasilan

METROSEMARANG – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-471 Kota Semarang pada hari Rabu (2/5) ini berlangsung di halaman Balaikota Semarang. Upacara dipimpin Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. Dalam pidatonya, Hendi, sapaan Wali Kota, menyebut Kota Semarang telah banyak berubah.

 “Catatan-catatan buruk mulai dihapus dan berganti dengan berbagai prestasi,’’ katanya.

Wali Kota Hendi memberikan hadiah kepada para pemenang lomba peringatan HUT ke-471 Kota Semarang di Balaikota, Rabu (2/5). (foto: metrosemarang.com/Masrukhin Abduh)

Dia menerangkan, dulu di tahun 2010 capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang mencakup ekonomi, pendidikan, dan kesehatan di Kota Semarang hanya di angka 76.96. Namun di 2017 IPM Kota Semarang telah naik menjadi 82.01.

Angka itu jauh lebih baik dibandingkan IPM Kota Bandung yang hanya 80.31, Kota Surabaya 81.07, Kota Makassar 81.13, Kota Medan 79,87 dan Kota Padang 81.58. ‘’Dengan lompatan besar itu Kota Semarang sekarang menjadi acuan pembangunan bagi daerah-daerah lain di Indonesaia,’’ kata Hendi.

Yaitu acuan dalam penerapan smart city, inovasi fasilitas kesehatan, pelayanan publik, pengembangan pariwisata, dan acuan pembangunan bagi daerah lainnya.

‘’Sebagai contoh di bidang pelayanan publik, dengan menerapkan aplikasi Smart Goverment Kota Semarang berhasil melakukan pemotongan jalur birokrasi. Hingga saat ini ada 204 sistem perangkat lunak untuk urusan pelayanan pubik,’’ tegasnya. (duh)

You might also like

Comments are closed.