Persiapan Imlek, Altar Tay Kak Sie Dibersihkan

Klenteng Tay Kak Sie bersolek menyambut Tahun Baru Cina 2016. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Klenteng Tay Kak Sie bersolek menyambut Tahun Baru Cina 2016. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

METROSEMARANG.COM – Untuk menyambut datangnya Imlek 2567, Klenteng Tay Kak Sie mulai bersolek. Pengelola klenteng tertua di Jawa Tengah tersebut hari ini, Rabu (3/2) mengerahkan relawan (locu) untuk mencuci semua altar yang ada di situ.

Kegiatan bersih-bersih altar ini dimaksudkan untuk menyiapkan lokasi sembahyang yang sakral saat Imlek tiba tepat 8 Februari nanti. “Ini jadi tradisi tiap tahun  dan merupakan kewajiban kami untuk membersihkan klenteng jelang Imlek,” ujar Irvan Hermawan seorang locu Klenteng Tay Kak Sie.

Ia memaknai pembersihan klenteng sebagai ritual suci yang dilakukan serenta oleh umat Konghucu setahun sekali jelang Imlek. Mencuci klenteng, kata Irvan, dilakukan usai ritual mengantarkan para dewa ke khayangan.

Yang dibersihkan mulai dari puluhan patung dan enam altar. Di Tay Kak Sie, kini ada enam altar. “Satu altar dibersihkan dua locu,” sahutnya.

Ia mengaku bahagia Tahun Kambing segera berganti dengan Tahun Monyet Api. Sebab, di Tahun Monyet Api diharapkan dapat timbul kebaikan dan kerukunan umat beragam yang saling erat di tengah masyarakat Indonesia. “Pokoknya jangan ada lagi huru-hara. Semua harus rukun,” tuturnya. (far)

You might also like

Comments are closed.