Persipura Kalah, PSIS Amankan Posisi 10 Besar

46 Poin, Lampaui Sriwijaya FC

Padahal tim Kota Lunpia sempat akrab di zona degradasi sampai paruh musim. Kedatangan Jafri Sastra yang menggantikan Vincenzo Alberto Annese turut mengubah nasib PSIS.

PSIS mengunci posisi 10 besar pada musim perdana di Liga 1. Kepastian tersebut didapat setelah Persipura Jayapura yang menjadi pesaing terdekat Mahesa Jenar gagal menuai poin penuh di pekan terakhir.
psis vs persebaya
Bruno Silva tak bisa berbuat banyak saat PSIS takluk di kandang Persebaya, Sabtu (8/12/2018). Foto: metrojateng.com/dokumentasi PSIS

Melakoni derbi Papua di Stadion Mandala Jayapura, Minggu (9/12/2018), Persipura justru kalah dari Perseru Serui dengan skor 0-2 lewat gol-gol Habel Isir dan Silvio Escobar. Skuad Mutiara Hitam finish di peringkat 11 dengan poin 44.

 

Pencapaian PSIS yang berstatus tim promosi melampaui juara ISL 2012 Sriwijaya FC, runner up Liga 1 2017 Bali United maupun Persela Lamongan. Padahal tim Kota Lunpia sempat akrab di zona degradasi sampai paruh musim.

Kedatangan Jafri Sastra yang menggantikan Vincenzo Alberto Annese turut mengubah nasib PSIS. Eks pembesut Mitra Kukar sukses mempersembahkan delapan kemenangan dan dua hasil imbang dalam 14 pertandingan.

Statistik PSIS di Liga 1 2018
Total tembakan 354
Tembakan ke gawang 123
Akurasi operan 73%
Tekel sukses 366
Pelanggaran 483
Sepak pojok 145
Offside 58
Kartu kuning 65
Kartu merah 1
Gol 39
Kemasukan 42Pencetak gol
Bruno Silva 16
Hari Nur 10
Bayu Nugroho 5
Ibrahim Conteh 5

Assist
Bruno Silva 8
Bayu Nugroho 5
Ibrahim Conteh 4
Hari Nur 4

Sumber: liga-indonesia.id

 

Atas kinerjanya tersebut, manajemen sudah menyodorkan kontrak baru berdurasi dua tahun. “Alhamdulillah sudah ada kesepakatan untuk bekerja sama dua tahun tinggal legalitasnya. Kami akan segera menyusun program untuk musim depan, termasuk evaluasi tim dan pemain-pemain yang akan dipertahankan,” kata Jafri.

Pelatih 53 tahun itu juga memiliki catatan khusus usai timnya takluk dari Persebaya. Menurutnya, laga tersebut merupakan salah satu penampilan terbaik PSIS musim ini.

“Kami khususnya tim pelatih memberikan apresiasi kepada pemain yang sudah bisa menerapkan compact defense sangat bagus. Tapi di babak kedua ada perubahan di mana bola kami tidak siap mengantisipasi bola rebound, sehingga bisa dimanfaatkan lawan menjadi gol. Namun melihat pertandingan secara menyeluruh anak-anak bermain luar biasa,” Jafri menambahkan.

“Bagi saya ini penampilan terbaik karena ada tekanan dari 50 ribu penonton tapi kami masih bisa bermain baik dan tidak memberi kemudahan untuk Persebaya bisa menang,” tandasnya.

Pada laga di GBT tersebut, tuan rumah benar-benar mendominasi permainan. Rendi Irwan dkk melepaskan 20 percobaan sepanjang pertandingan dan 10 di antaranya berstatus on target. Sedangkan PSIS hanya mampu menghasilkan tiga peluang.

Kegemilangan Joko Ribowo di bawah mistar juga turut berperan menjaga gawang PSIS tetap clean sheet sampai turun minum. Gol Persebaya baru tercipta di menit 56. Sepakan jarak dekat Rendi Irwan bisa diblok Joko, tapi bola rebound langsung disontek Fandi Eko Utomo.

klasemen psis
Klasemen akhir Liga 1 2018. Foto: metrojateng.com/dok IG @liga1match

Liga 1 2018 melahirkan Persija Jakarta sebagai juara baru, sekaligus menjadi wakil Indonesia di ajang Liga Champions Asia 2019. Sedangkan wakil di Piala AFC menjadi milik PSM Makassar dan Bhayangkara FC (jika Persija lolos kualifikasi Liga Champions Asia).

Sementara, PSMS Medan, Mitra Kukar dan Sriwijaya FC harus turun kasta ke Liga 2. Posisi mereka akan digantikan PSS Sleman, Semen Padang dan Kalteng Putra. (*)

 

Artikel ini telah diterbitkan oleh metrojateng.com
You might also like

Comments are closed.