Pertamina Lanjutkan ‘Langit Biru’ di 11 Daerah Jateng-DIY

*Wujudkan Udara Bersih dan Sehat

ANTRI BBM- Sejumlah konsumen antri mengisi BBM di salah satu SPBU di Kota Semarang. Foto : ist/metrosemarang.com

 

SEMARANG- Pertamina terus melakukan edukasi kepada masyarakat dan konsumen untuk menggunakan bahan bakar yang berkualitas. Selain untuk menghasilkan performa kendaraan yang maksimal, pemilihan bahan bakar yang berkualitas juga dapat menciptakan kualitas udara yang bersih dan sehat. Salah satunya adalah dengan menjalankan Program Langit Biru, yang telah berjalan sejak awal November 2020.

Unit Manager Commmunication, Relations, & CSR Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho mengungkapkan, Program Langit Biru di wilayah operasi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta telah hadir di 11 kota dan kabupaten, di antaranya di kota Semarang, Kabupaten Jepara, Kabupaten Pati, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Sleman, Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Magelang, Kabupaten Klaten, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Banjarnegara.

“Program Langit Biru hadir untuk mengajak masyarakat merasakan langsung penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan kualitas yang lebih baik dalam rangka meningkatkan kualitas lingkungan dengan udara yang bersih dan sehat,” ungkap Brasto.

Ditambahkan, pada program ini Pertamina memberikan harga khusus untuk produk Pertalite dengan harga lebih hemat Rp 800,- per liter untuk konsumen kendaraan bermotor roda dua dan roda tiga, angkutan umum kota (angkot) serta taksi plat kuning.

Program edukasi dan promosi ini merupakan bentuk dukungan kepada Pemerintah sesuai Peraturan Pemerintah No. 41 tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara, yang perlu menjadi perhatian seluruh pihak.

“Upaya mengurangi pencemaran udara, dapat dilakukan melalui pengendalian emisi gas buang kendaraan bermotor. Salah satunya dengan penggunaan BBM yang lebih berkualitas dan ramah lingkungan,” tambah Brasto.

Dijelaskan, BBM yang lebih berkualitas memiliki kadar oktan (Research Octane Number/RON) tinggi, sehingga lebih ramah lingkungan karena rendah emisi. Selain itu, BBM yang lebih berkualitas akan berdampak positif terhadap performa kendaraan serta lebih irit konsumsi BBM karena pembakaran di ruang mesin lebih sempurna.

“Karenanya, Pertamina terus mendorong penggunaan produk BBM berkualitas yakni Pertalite dengan RON 90, Pertamax RON 92 dan Pertamax Turbo RON 98,” jelasnya.

Selain kendaraan bermotor roda dua dan roda tiga, lanjutnya, Pertamina juga menyasar angkot dan taksi plat kuning yang merupakan transportasi publik. Dengan begitu, diharapkan menjadi contoh bagi masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan beralih ke bahan bakar berkualitas.

“Selain itu, dengan harga khusus, kami mengajak pengendara ini mendapatkan customer experience, bahwa dengan BBM berkualitas mesin kendaraannya lebih awet dan bertenaga,” ujarnya.

Brasto menuturkan, Program Langit Biru diberlakukan di SPBU tertentu di setiap kota dan kabupaten yang menjalankan.

“Di setiap SPBU yang menyediakan Pertalite harga khusus telah kami pasang penanda khusus mengenai Program Langit Biru. Secara total ada 51 SPBU dari 11 daerah yang menjalankan Program Langit Biru,” tutup Brasto.(eff)

You might also like

Comments are closed.