Pertamina Serahkan Bantuan Program TJSL kepada Bupati Kebumen

*Dukung Pelestarian Lingkungan

BANTUAN- PT Pertamina (Persero) menyerahkan bantuan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan kepada Pemerintah Kabupaten Kebumen pada Jumat (21/5) secara daring. Foto : ist/metrosemarang.com

 

KEBUMEN – Dalam rangka berperan serta didalam pelestarian lingkungan di Kabupaten Kebumen, PT Pertamina (Persero) menyerahkan bantuan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan kepada Pemerintah Kabupaten Kebumen pada Jumat (21/5). Bantuan diserahkan secara daring oleh Vice President CSR & SMEPP Management PT Pertamina (Persero), Arya Dwi Paramita, kepada Bupati Kabupaten Kebumen, Arif Sugiyanto, ditengah agenda Rapat Koordinasi Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen.

VP CSR & SMEPP Management PT Pertamina (Persero), Arya Dwi Paramita dalam sambutannya mengungkapkan, sebagai BUMN Energi Nasional, Pertamina tidak hanya berperan dalam menjalankan bisnis utamanya dalam menyalurkan energi kepada masyarakat, namun turut berkontribusi pada ‘public service’ dan ‘sustainability’ serta mendukung Pemerintah didalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) melalui program pemberdayaan masyarakat dan pelestarian lingkungan.

“Pertamina berkomitmen untuk menjalankan fungsinya melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan perusahaan di seluruh wilayah operasional di seluruh Indonesia. Pertamina senantiasa memprioritaskan keseimbangan dan kelestarian alam, lingkungan dan masyarakat untuk mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

“Pada kesempatan yang baik ini, kami berterima kasih atas kolaborasi bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Kebumen dalam merealisasikan Program TJSL Pertamina, semoga dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat,” terang Arya dalam sambutannya.

Adapun Program TJSL yang dijalankan Pertamina berupa pembangunan arboretrum Kawasab Ekonomi Esensial (KEE) Hutah Mangrove, pengelolaan sampah serta penanggulangan abrasi melalui penanaman mangrove dan cemara udang.

Selain itu, Keterlibatan Pertamina dalam Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) ini diharapkan dapat menjadi salah satu sarana dalam pemetaan potensi kontribusi dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Poin 8 yaitu mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, Poin 11 yaitu penanganan sampah kota, Poin 13 yaitu mengurangi perubahan iklim dan dampaknya, Poin 14 yaitu ekosistem lautan dan konservasi kawasan pesisir, serta Poin 15 yaitu ekosistem daratan, mengelola hutan serta menjaga keanekaragaman hayati, sebagai bagian implementasi ESG (Environmental, Social and Governance) untuk bisnis energi yang berkelanjutan.

Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto mengungkapkan terima kasih atas bantuan Program TJSL yang telah diberikan Pertamina kepada Kabupaten Kebumen.

“Kami sampaikan terima kasih atas bantuan Program TJSL dari Pertamina kepada Kabupaten Kebumen. Bantuan seperti ini bukan satu atau dua kali ini saja, hal ini menunjukan Pertamina sangat berperan aktif pada pembangunan daerah khususnya pada pelestarian lingkungan hidup, saat ini kita mendapat bantuan mangrove, penguatan abrasi dan pengelolaan sampah di Kabupaten Kebumen. Bentuk kolaborasi ini merupakan kerjasama yang baik antara Pertamina dan Pemerintah Kabupaten kebumen,” terang Arif Sugiyanto.(ris)

You might also like

Comments are closed.