Pertamina Siapkan 24 SPBU Kantong di Titik Rawan Macet

Kebutuhan BBM bakal diprediksi bakal meningkat saat arus mudik. Pertamini akan menyiapkan tambahan SPBU kantong di beberapa titik. Foto: metrosemarang.com/dok
Kebutuhan BBM bakal diprediksi bakal meningkat saat arus mudik. Pertamini akan menyiapkan tambahan SPBU kantong di beberapa titik. Foto: metrosemarang.com/dok

SEMARANG – Jalur pantura diprediksi mengalami kemacetan di sejumlah titik pada arus mudik tahun ini. Untuk mengantisipasi, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV Semarang menambah jumlah SPBU kantong dari 19 menjadi 24 titik.

Prediksi kemacetan terjadi di wilayah Semarang Barat (Krapyak-Kendal) yang merupakan jalur pertemuan di sejumlah simpang. Wilayah Batang (Jalur Pantura), Semarang Timur dan Demak (Genuk-Demak) ada pengecoran jalan serta titik Semarang Timur di jalur menuju Jepara lantaran ada tradisi Lebaran dan pertemuan arus.

Manager External Relation Pertamina MOR IV, Roberth MV Dumatubun mengatakan, penambahan SPBU kantong merupakan langkah antisipasi pertama yang dilakukan. Sejumlah 24 SPBU kantong terbagi menjadi tiga. Yakni 12 di jalur sepanjang Batang, Pemalang, Pati, Tegal, Brebes, Pekalongan, Rembang dan Grobogan. Tiga di Jalur Tengah, yakni Kabupaten Semarang, Magelang dan Boyolali. Sembilan di Jalur Selatan Brebes, Banyumas, Sragen, Kulonprogo, Wonogiri, Sukoharjo dan Gunungkidul. Jumlah SPBU kantong di masing-masing lokasi, berbeda-beda.

SPBU kantong ini akan efektif membantu distribusi BBM dalam kondisi kemacetan panjang.  “Misalnya di Kendal macet, Maka pasokan ke pantura akan dikirim dari SPBU kantong yang sudah siap di Tegal atau Brebes. Jarak tempuh lebih singkat, daripada ditempuh dari Semarang. SPBU Kantong disiapkan H-10 sampai H+10 Lebaran,” kata Roberth seusai kunjungan Gubernur di Terminal BBM Pengapon Semarang, Rabu (8/7).

SPBU kantong juga untuk antisipasi  longsor yang bisa terjadi di titik Sukorejo (Weleri Barat- Selatan) dan Bandungan (Ambarawa-Sumowono). Antisipasi kemacetan lainnya ialah penyediaan pertamax kemasan. Pengemudi kendaraan bermotor bisa membeli di SPBU sebagai stok BBM di perjalanan.

Terakhir, Pertamina menggandeng pihak kepolisian. “Kami juga sudah berkoordinasi dengan kepolisian untuk pengiriman BBM,” kata Robert. (byo)

You might also like

Comments are closed.