Pertandingan Futsal Pejabat Wanita Ramaikan Hari Kartini di Balaikota

METROSEMARANG – Para Aparatur Sipil Negara (ASN) perempuan di lingkungan Pemerintah Kota Semarang memperingati Hari Kartini dengan bermain futsal mengenakan pakaian kebaya dan batik, Senin (23/4). Acara yang berlangsung meriah di Balikota Semarang itu diawali dengan apel pagi bersama yang semua pesertanya juga ASN perempuan.

futsal perempuan
Futsal Perempuan ASN Balaikota Semarang. (foto: metrosemarang.com/Masrukhin Abduh)

Wakil Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu yang merupakan wakil walikota perempuan pertama di Semarang bertindak sebagai pemimpin apel. Setelah melaksanakan apel semua pejabat perempuan baik yang dari eselon 2 maupun 3 di lingkup Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) dan Sekretariat Daerah (Setda) Kota Semarang mengikuti pertandingan futsal eksibisi tersebut.

Menurut Mbak Ita, sapaan karib Wakil Walikota Semarang, pertandingan futsal ini sebagai simbol bahwa permainan futsal yang biasanya identik dengan laki-laki, juga bisa dilakukan oleh para wanita. Momentum peringatan Hari Kartini ini merupakan simbol kesetaraan gender di era modern sekarang ini.

‘’Perempuan mesti memiliki 4 aspek yang telah dicontohkan Raden Ajeng Kartini, salah satunya wanita mesti mandiri tapi bersinergi dengan kaum laki-laki. Selain itu juga kodratnya sebagai wanita, yaitu salah satunya sebagai pengurus rumah tangga. Sehingga semua itu menjadi cerminan perempuan yang hebat,’’ katanya.

Sementara itu, Walikota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, peringatan Hari Kartini kembali mengingatkan semua tentang peran wanita dan laki-laki memiliki hak yang sama meski kodratnya berbeda. “Sehingga dengan demikian, dalam program kerja kita juga tidak boleh ada persoalan gender di Kota Semarang dalam bekerja,’’ tegasnya. (duh)

Comments are closed.