Pertimbangkan 4 Hal Ini Sebelum Beli Lensa Kontak

Ilustrasi
Ilustrasi
PERMASALAHAN pada penglihatan dapat diatasi dengan menggunakan kaca mata ataupun lensa kontak. Bagi mereka yang enggan menggunakan kaca mata karena sifatnya yang dapat membuat tidak nyaman, bisa menggunakan lensa kontak yang lebih kecil dan praktis.
Jika Anda termasuk seseorang yang memilih menggunakan lensa kontak ketimbang kaca mata, maka Anda harus jeli dalam memilih lensa kontak yang tepat. Jangan tergoda pada merk dan tampilannya saja, namun sebaiknya pertimbangkan juga hal-hal berikut ini :
1. Gangguan pada penglihatan tidak hanya disebabkan oleh rabun jauh ataupun rabun dekat. Astimatigsma atau silinder mungkin juga Anda alami. Agar lensa kontak yang Anda beli dapat mengatasi permasalahan penglihatan Anda, pastikan Anda melakukan pemeriksaan mata di optik yang menyediakan trial lensa kontak. Pemeriksaan ini bertujuan menemukan lensa kontak yang benar-benar cocok dengan keadaan mata Anda dan memastikan mata tetap sehat.
2. Kelengkungan lensa kontak mempengaruhi kenyamanan terhadap mata. Lensa kontak yang kelengkungannya terlalu besar dapat membuat lensa kontak longgar sehingga mudah terlepas. Sedangkan lensa kontak yang terlalu kecil akan membuat lensa kontak terlalu ketat dan tidak nyaman untuk mata. Maka, ketepatan ukuran lensa benar-benar harus dipikirkan.
3. Anda pasti sering mendengar keluhan para pengguna lensa kontak yang mengalami mata kering setelah menggunakan lensa kontak. Hal ini mungkin berasal dari kurangnya kadar air yang terdapat di lensa kontak. Maka, carilah lensa kontak berkadar air tinggi agar tidak menyebabkan mata Anda kering.
4. Bahan dasar lensa kontak biasanya terbuat dari hydroxyethyl methacrylate (Hema), yaitu sejenis bahan polymer yang dapat mengandung air.  Dan pada tahun 1990-an diluncurkan lensa kontak yang terbuat dari silicone hydrogel. Bahan silicone hydrogel ini lebih meneruskan oksigen ke mata ketika lensa kontak digunakan.
Itu dia hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli lensa kontak. Jangan sampai salah pilih karena tergiur harga murah ya. Ingat, kesehatan mata jadi jaminannya. (ren)

activate javascript

You might also like

Comments are closed.