Pesta Rakyat Kendal Ricuh, Makanan Rusak Terinjak-injak

METROSEMARANG.COM – Pesta Rakyat Kendal hari kedua di pendopo kabupaten setempat, Sabtu (12/3) sore berlangsung ricuh. Massa tak terkendali saat berusaha merangsek masuk dan menjebol gerbang pendopo demi memeroleh makanan gratis.

Kericuhan ini dipicu teknik pembagian yang salah, karena hanya satu tempat sehingga banyak warga yang berdesakan berebut untuk mendapatkan   makanan gratis. Sebanyak 4.300 paket makanan ini ludes dalam hitungan menit.

Kericuhan Pesta Rakyat Kendal, Sabtu (12/3). Foto: metrojateng.com
Kericuhan Pesta Rakyat Kendal, Sabtu (12/3). Foto: metrojateng.com

Petugas Satpol PP dan TNI yang berjaga di pintu gerbang tidak bisa menahan warga yang terus merangsek barikade petugas. Tak ayal lagi ratusan warga saling dorong, dan mengakibatkan banyak meja ambruk dan makanan terinjak-injak.

Akibatnya, sejumlah warga kecewa tidak mendapatkan jatah makanan ataupun minuman. “Kali ini lebih parah Mas. Kemarin tertata sekarang untuk masuk saja desak-desakan. Sampai di dalam malah makanannya tumpah dan diinjak-injak jadi mubazir,” jelas Rosidah, warga Bandengan Kendal.

Sutiono, ketua panitia mengatakan, kericuhan dalam pembagian  paket makanan gratis ini karena ada kesalahan komunikasi dengan petugas keamanan dan panitia lainnya.

“Seharusnya tidak dibagi dalam satu titik tetapi disebar untuk memecah kerumunan warga dan  tidak langsung masuk ke dalam halaman pendopo agar  teratur,” katanya.

Pembagian makanan dan minuman ini dilaksanakan dua hari, yakni Jumat dan Sabtu sore. Kegiatan ini merupakan rangkaian pesta rakyat dan tasyakuran atas suksesnya Pemilukada 2015 yang diisi dengan pengajian dan kesenian tradisional Kendal. (metrojateng.com/MJ-01)

You might also like

Comments are closed.