PFI Semarang Gelar Pameran Foto “Pantura”

METROSEMARANG.COM – Organisasi Pewarta Foto Indonesia (PFI) Semarang menggelar pameran foto jurnalistik bertajuk “Pantura” di Galeri Monod Diephuis, Jalan Kepodang, Kota Lama, Semarang, Jawa Tengah.

Pameran foto “Pantura” digelar di Kota Lama. Foto: istimewa

Pameran yang akan menampilkan 55 karya foto jurnalistik dari 30 jurnalis anggota PFI Semarang tersebut akan dibuka mulai Sabtu sore, 21 Oktober 2017.

“55 karya yang ditampilkan merupakan hasil kurasi dari ratusan karya yang dikirim oleh para jurnalis foto anggota PFI Semarang. Kurasi sendiri dilakukan oleh dua jurnalis foto senior R Rekotomo dan Chandra Adi Nugraha,” kata Ketua Panitia Pameran Foto Pantura, Aditya Pradana Putra di Semarang, Jumat (20/10).

Tema Pantura, kata Aditya, dipilih tidak hanya menunjukkan visual mengenai karakteristik jalur yang memanjang dari ujung Kabupaten Brebes hingga ujung Kabupaten Rembang.

“Melalui pameran karya jurnalistik kami juga mengkampanyekan kepada pemerintah maupun masyarakat untuk bersama-sama mengembalikan jalur Pantura yang kian kemari banyak yang mengalami kerusakan lingkungan,” katanya.

Selain pameran foto, PFI juga membuat sejumlah pelatihan fotografi dalam rangkaian acara tersebut.

Pada hari kedua atau Minggu, 22 Oktober 2017, diskusi Landscape Photography bersama komunitas Instanusantara Semarang menjadi pelatihan pertama dalam rangkaian Pameran Foto Pantura.

Selanjutnya, pada Sabtu, 28 Oktober 2017 juga akan dilakukan pelatihan fotografi untuk siswa dan mahasiswa bersama Komunitas Fotografer Semarang (KFS). Dan pada hari terakhir atau Minggu, 29 Oktober 2017 akan diadakan pelatihan foto jurnalistik bersama para jurnalis PFI Semarang dengan tema “Kiat Menjadi Citizen Photo Journalist di Tengah Kian Maraknya Isu Hoax”.

“Semuanya berlangsung secara gratis untuk semua masyarakat yang ingin mengikutinya,” kata Aditya. (*)

 

 

You might also like

Comments are closed.