Pianis Belia Semarang Merintis Jalan Menuju Level Internasional

METROSEMARANG.COM – Jari jemari Sherilyn Tresno Santoso begitu dinamis menari-nari di atas tuts piano. Raut muka gadis cilik berusia 10 tahun itu terlihat sangat fokus untuk merampungkan lagu “Jazz Cat” yang tengah ia mainkan.

Penampilan Sherilyn dalam ajang Indonesia Music Celebration 2017 di Gets Hotel Semarang, Sabtu (18/3). Foto: metrosemarang.com/tri wuryono

Sherilyn merupakan satu dari ratusan pianis muda yang unjuk kebolehan dalam kompetisi “Indonesia Music Celebration 2017” yang dihelat di Fenix Restaurant Gets Hotel Semarang, Sabtu (18/3). Pelajar kelas V Bina Bangsa School Semarang tersebut tampil dalam dua kategori lomba, bebas dan wajib.

Dia sangat percaya diri unjuk kebolehan di hadapan para juri. Sherilyn berujar jika kompetisi serupa sudah kerap dia ikuti. “Sudah sering ikut. Tahun kemarin dapat Platinum (Juara II),” kata Sherilyn yang datang bersama ibundanya, Felyna Wijaya.

Bagi Felyna, keikutsertaan Sherilyn di ajang tahunan itu sangat penting untuk mengasah skill dan mental jika kelak terjun sebagai pianis profesional. “Dari ajang seperti ini bisa memotivasi anak, sehingga mentalnya juga semakin berkembang. Bakatnya anak-anak juga dikembangin di sini,” ujarnya.

Soetiono Iskandar mengumumkan pemenang Kelompok B Indonesia Music Celebration 2017. Foto: metrosemarang.com/tri wuryono

Indonesia Music Celebration merupakan event tahunan yang digagas oleh Veranza Music House. Tahun ini adalah kali keenam sejak pertama kali dihelat di Semarang pada 2012 silam.

Soetiono Iskandar, owner Veranza Music memaparkan, Semarang menjadi salah satu kota yang dipilih lantaran animo musik di Ibukota Jateng ini cukup besar. Dia optimistis jika Semarang dan Jawa Tengah kelak bisa bersaing dengan Surabaya yang sampai saat ini masih menjadi gudangnya pianis-pianis muda berbakat.

“Harus diakui sampai saat ini sangat sulit mengalahkan pianis-pianis dari Surabaya. Untuk itu kami menyediakan wadah bagi pianis di Semarang dan Jawa Tengah, sehingga mereka nantinya juga bisa berbicara di level nasional bahkan internasional,” tutur pria 50 tahun ini.

Dia mencontohkan Jason Wibowo, salah satu pianis potensial yang dihasilkan dari ajang Indonesia Music Celebration di Semarang. Menurutnya, ajang ini bukan sekadar mencari pianis muda berbakat, tetapi juga memberi kesempatan bagi mereka untuk meningkatkan skill bermain piano.

Pada perhelatan tahun ini tercatat ada 374 peserta dari beberapa kota di Jawa Tengah, mulai usia 5 hingga 18 tahun. Mereka dikelompokkan menjadi 14 kelompok berdasarkan usia, dengan tiga kategori, yakni bebas, wajib dan duet.

Selain Semarang, event serupa juga digelar di Surabaya, Yogyakarta, Jakarta dan Medan. “Bulan Mei nanti kami akan menggelar event nasional di Semarang. Nantinya juara dari tiap regional akan tampil. Kami juga akan undang juri-juri nasional dan dari luar Indonesia,” tutup Soetiono. (twy)

You might also like

Comments are closed.