PIH Kemdikbud Gelar Lomba Penulisan, Ini Ketentuannya

Ilustrasi
Ilustrasi

SEMARANG – Dalam rangkaian peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2015, Pusat Informasi dan Humas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (PIH Kemdikbud), menggelar Lomba Penulisan Artikel dan Features Bidang Pendidikan dan Kebudayaan 2015. Lomba ini terbuka untuk guru, orangtua siswa dan wartawan media cetak.

Tema lomba tahun ini adalah “Penguatan Pelaku Pendidikan: siswa, guru, orangtua, dan kepala sekolah”. Adapun subtema yang bisa dipilih peserta antara lain sekolah sebagai tempat yang menyenangkan, pendidikan sebagai proses kegembiraan, memuliakan guru dan peran orangtua dan guru dalam membangun karakter kejujuran siswa.

Lomba ini memerebutkan total hadiah Rp 17,5 juta untuk tiga orang pemenang. Berikut ini kriteria lomba yang ditentukan panitia:

 

Kriteria Lomba:

  1. Lomba penulisan artikel untuk guru dan/atau orangtua siswa, dan lomba penulisan karangan khas (features) untuk wartawan media cetak.
  1. Artikel dan features adalah karya asli, tidak duplikatif atau replikatif.
  1. Artikel dan features belum pernah/tidak sedang diikutsertakan dalam lomba apapun.
  1. Artikel dan features telah dimuat pada media massa cetak (nasional, daerah, maupun media internal institusi) yang terbit di Indonesia. Kategori Artikel dimuat pada periode 1 November 2014 s.d 2 April 2015, sedangkan kategori Features dimuat pada periode 1 Januari s.d 2 April 2015.
  1. Tulisan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  1. Peserta bukan pegawai Kemdikbud Pusat
  1. Peserta dapat mengirimkan maksimal 5 naskah artikel dan features.
  1. Pengiriman naskah artikel dan features dilampirkan bukti pemuatan paling lambat tanggal 2 April 2015 (cap pos) dan diterima panitia paling lambat tanggal 7 April 2015, dikirim ke alamat panitia lomba: Pusat Informasi dan Humas, Gedung C lt. 4, Kemdikbud, Jl. Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat 10270.
  1. Setiap peserta wajib melampirkan identitas pengirim yaitu: nama, alamat, email, nomor telpon/handphone, dan fotocopy kartu identitas KTP/SIM. Khusus wartawan untuk kategori features juga melampirkan kartu pers.
  1. Pengumuman hasil lomba melalui www.kemdikbud.go.id, facebook: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, serta twitter @kemdikbud_RI pada bulan Mei 2015.
  2. Pemenang I, II, dan III tiap kategori berhak atas piagam penghargaan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan uang tunai masing-masing sebesar: Juara I : Rp 10.000.000 (dipotong pajak); Juara II : Rp 7.500.000 (dipotong pajak); Juara III : Rp 5.000.000 (dipotong pajak)
  3. Keputusan panitia bersifat final dan tidak bisa diganggu gugat. Panitia berhak menggugurkan pemenang apabila diketahui tidak sesuai dengan kriteria lomba

Comments are closed.