Pinjaman Laptop dari Orangtua Perlu Diapresiasi

METROSEMARANG.COM – Dukungan orang tua dengan ikut menyewa dan meminjamkan laptop bagi siswa-siswi yang mengikuti UNBK merupakan bagian dari usaha bersama untuk mendukung kemajuan pendidikan. Seperti yang dilakukan para orangtua di beberapa SMA di Kota Semarang, misalnya SMA 2 patut diapresiasi.

Pelaksanaan simulasi UNBK di SMA 2 Semarang. Pada tahun ini, SMA 2 mendapat pinjaman laptop dari orangtua siswa. Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Seperti diungkapkan Guru besar Universitas Negeri Semarang (Unnes) Masrukhi, menilai usaha yang dilakukan sekolah dan orang tua untuk memenuhi kebutuhan komputer dalam pelaksanaan UNBK layak diapresiasi. Sebab kata dia, ini bagian dari partisipasi publik untuk mendorong kemajuan di dunia pendidikan.

“Kepedulian orang tua menunjukkan dukungan masyarakat tak kecil supaya dunia pendidikan Tanah Air makin bermutu,” ujarnya, kemarin.

Mengamini hal tersebut, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kota Semarang Wiharto mengatakan kali ini partisipasi masyarakat dalam mendukung pelaksanaan UNBK layak mendapat apresiasi. Tak hanya orang tua, para siswa pun juga ikut aktif khususnya dalam pengadakaan sarana dan prasarana.

Bahkan, menurut dia, para siswa mempunyai cara tersendiri mensukseskan UNBK yakni memilih patungan untuk menyewa laptop daripada menyusahkan orangtua untuk membeli laptop baru.

“Mereka ada yang urunan sewa laptop, jadi tidak menyusahkan orang tua. Bahkan, siswa yang tidak mampu juga dibantu oleh rekan-rekannya,” imbuh Wiharto.

Ia menegaskan pihak sekolah dan guru juga meminjamkan laptop untuk siswa selama pelaksanaan UNBK ini. ”Kalau ada siswa yang kurang mampu kami juga menyarankan untuk tidak membeli, tetapi kami pinjami,” tegas Wiharto. (vit)

You might also like

Comments are closed.