Pipi Tembem? Tak Perlu Oplas, Lakukan 8 Hal ini

Ilustrasi/Pixabay??

SEMARANG – Pipi tembem bagi anak-anak tentu terlihat lucu dan menggemaskan, tapi bagaimana kalau bagi orang dewasa? tentu sangat tidak enak dipandang mata bukan.

Pipi tembem biasanya diakibatkan kelebih lemak, karena lemak tidak hanya menumpuk di pinggang saja. Wajah yang cantik juga menjadi tempat penimbunan lemak, dan kalau tidak diatasi bisa menyebabkan masalah, wajah pun tidak terlihat cantik lagi.

Untungnya, saat ini banyak strategi yang dapat meningkatkan pembakaran lemak dan membantu melangsingkan wajah.

Baca juga: Dukung Kreativitas Anak Muda Indonesia TikTok Jalin Kerjasama Bareng Telkomsel

Banyak strategi yang dapat membantu menghilangkan lemak berlebih di wajah. Mengubah pola makan, menambahkan olahraga ke dalam rutinitas, dan menyesuaikan beberapa kebiasaan harian adalah cara efektif untuk meningkatkan penurunan lemak, yang dapat membantu merampingkan wajah.

Berikut 8 metode efektif untuk membantu Anda menghilangkan lemak di wajah dilansir dari Healtline.com.

Baca juga: Pemberian Kanopi di Kota Lama Batal, Alasannya Ada Yang Komplain

1. Lakukan senam wajah
Senam wajah dapat digunakan untuk memperbaiki penampilan wajah, melawan penuaan, dan meningkatkan kekuatan otot.

Beberapa latihan yang paling populer melibatkan membusungkan pipi dan mendorong udara dari satu sisi ke sisi lain, mengerutkan bibir secara bergantian, dan menahan senyum sambil mengatupkan gigi selama beberapa detik sekaligus.

Baca juga: Antisipasi Pelanggan Kehabisan BBM di Jalan Tol, Ini Langkah Pertamina MOR IV

Dengan mengencangkan otot wajah, senam wajah dapat membuat wajah tampak lebih tirus. Meski penelitian terbatas, satu studi menemukan bahwa melakukan latihan otot wajah meningkatkan ketebalan otot dan peremajaan wajah.

2. Tambahkan kardio ke dalam rutinitas
Seringkali, lemak berlebih di wajah Anda disebabkan oleh kelebihan lemak tubuh.

Menurunkan berat badan dapat meningkatkan kehilangan lemak dan membantu melangsingkan tubuh dan wajah Anda.

Latihan kardio, atau aerobik, dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak dan kehilangan lemak untuk membantu merampingkan wajah Anda.

Baca juga: Peringati Hari Listrik Nasional, PLN Santuni 75 Ribu Anak Yatim dan Duafa 

3. Banyak minum air putih
Air minum sangat penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan dan bisa menjadi sangat penting jika Anda ingin menghilangkan lemak wajah.

Studi menunjukkan bahwa air dapat membuat Anda merasa kenyang dan meningkatkan penurunan berat badan.

Minum air putih dapat menurunkan asupan kalori dan meningkatkan metabolisme untuk sementara. Ini juga dapat mengurangi retensi cairan untuk mencegah kembung dan bengkak di wajah Anda.

4. Hindari minuman beralkohol

Meskipun sesekali menikmati segelas anggur dengan makan malam tidak apa-apa, berlebihan dengan asupan alkohol Anda bisa menjadi salah satu kontributor terbesar penumpukan lemak wajah dan kembung.

Baca juga: Inilah Daftar Pengurus PWI Jateng Periode 2020-2025

Alkohol tinggi kalori tetapi rendah nutrisi dan mungkin terkait dengan peningkatan risiko penambahan berat badan.

Asupan alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan penambahan berat badan, termasuk penambahan lemak di wajah.

5. Kurangi karbohidrat olahan
Karbohidrat olahan seperti biskuit, dan pasta adalah penyebab umum penambahan berat badan dan peningkatan penyimpanan lemak.

Baca juga: “Nyamar” Jadi Driver Ojol Hendi Didoakan Kembali Pimpin Semarang

Karbohidrat ini telah banyak diproses, menghilangkan nutrisi dan seratnya yang bermanfaat dan hanya menyisakan sedikit gula dan kalori.

Karbohidrat olahan dapat meningkatkan kadar gula darah dan menyebabkan makan berlebihan serta penumpukan lemak. Beralih ke biji-bijian dapat membantu meningkatkan kehilangan lemak wajah.

6. Tingkatkan kualitas tidur
Tidur yang berkualitas adalah strategi penurunan berat badan yang penting secara keseluruhan. Ini juga dapat membantu menghilangkan lemak wajah.

Baca juga: PGN Dorong Perekonomian Daerah dan Nasional

Kurang tidur dapat menyebabkan peningkatan kadar kortisol, hormon stres yang memiliki banyak potensi efek samping, termasuk penambahan berat badan.

Kurang tidur dapat mengubah metabolisme dan meningkatkan asupan makanan, penambahan berat badan, dan kadar kortisol. Oleh karena itu, tidur yang cukup dapat membantu meningkatkan kehilangan lemak wajah.

7. Perhatikan asupan natrium Anda
Salah satu ciri kelebihan asupan natrium adalah kembung, dan hal ini dapat menyebabkan wajah bengkak dan bengkak.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa asupan natrium yang lebih tinggi dapat meningkatkan retensi cairan, terutama pada orang yang lebih sensitif terhadap efek garam.

Mengurangi asupan natrium dapat membantu mengurangi retensi cairan dan mengurangi kembung dan bengkak di wajah.

8. Makan lebih banyak serat
Salah satu rekomendasi paling populer untuk melangsingkan wajah dan menghilangkan lemak pipi adalah dengan meningkatkan asupan serat.

Baca juga: REI Jateng Garap Perumahan Kejaksaan

Serat adalah senyawa dalam makanan nabati yang bergerak perlahan melalui saluran pencernaan, membuat merasa kenyang lebih lama untuk mengekang keinginan ngemil dan menurunkan nafsu makan.

Menurut sebuah penelitian pada 345 orang dengan kelebihan berat badan dan obesitas, asupan serat yang lebih tinggi dikaitkan dengan peningkatan penurunan berat badan dan peningkatan kepatuhan terhadap diet rendah kalori.

Ulasan lain dari 62 penelitian menunjukkan bahwa makan lebih banyak serat larut, yaitu jenis serat yang membentuk gel saat dicampur dengan air, dapat mengurangi berat badan dan lingkar pinggang, bahkan tanpa membatasi kalori.

Idealnya, Anda harus mengonsumsi setidaknya 25-38 gram serat per hari dari sumber makanan ini.

You might also like

Comments are closed.