PKPI Gagal Penuhi Syarat Keterwakilan Kader Perempuan

METROSEMARANG.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah telah menuntaskan proses verifikasi faktual (verfak) partai politik di wilayahnya. Hasilnya, dari 16 parpol yang terdaftar di KPU, terdapat satu parpol yang dinyatakan gagal memenuhi syarat verfak.

Sekretaris PKB Jateng Sukirman saat prosesi penyerahan verifikasi faktual kepada Ketua KPU Joko Purnomo. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Ketua KPU Jawa Tengah, Joko Purnomo mengatakan parpol yang gagal memenuhi syarat verfak yaitu PKPI.

“Untuk PKPI, dilihat dari struktur kepengurusannya pada posisi ketua telah memenuhi syarat. Akan tetapi untuk posisi sekretaris tidak penuhi syarat. Karena saat dicari di kantornya tidak ketemu,” ungkap Joko, di kantornya Jalan Veteran Semarang, Selasa (31/1).

Joko menuturkan syarat lainnya yang gagal dipenuhi PKPI berkaitan dengan keterwakilan kader perempuan. Menurutnya PKPI tidak bisa memenuhi syarat yang ditentukan sebesar 30 persen dari total keseluruhan kader.

“Keterwakilan perempuan dalam kepengurusan PKPI belum memenuhi syarat,” tegasnya.

Ia menjelaskan verfak yang digelar selama tiga hari itu sudah kelar pada hari ini. PKPI, katanya diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan data verifikasi pada selama tiga hari.

“Mereka punya kesempatan memperbaiki verifikasi sampai 2 Februari nanti,” terangnya.

Selain PKPI, ia menyatakan 15 parpol lainnya sudah memenuhi syarat verfak. 12 parpol di antaranya merupakan peserta Pemilu lama yang diverifikasi tiga hari belakangan. Sedangkan sisanya merupakan parpol baru.

Ke-12 parpol lainnya dinyatakan lolos verfak yaitu PPP, Hanura, Gerindra, Golkar, PKB, Demokrat, PDIP, Nasdem, PAN, PKS dan PBB.

“Mereka rata-rata mampu memenugi syarat kepengurusan, jumlah keterwakilan perempuan sebagai kader partai sekitar 30-40 persen serta legalitas kantornya di tiap daerah,” bebernya.

Bagus Ariyanto, Anggota Bidang Kaderisasi PKPI Jateng mengklaim saat verfak berlangsung terdapat sekretaris dan kader perempuan yang sedang berdinas ke luar kota. Untuk jumlah kader perempuan di partainya ada 10 orang dari total kader 36 orang.

“Ketika verfak, ada kader kami yang tidak datang ke kantor. Kebetulan juga Andi Nurdiyanto sebagai Sekretaris PKPI sedang berada di Jakarta. Namun kami intinya siap menyemarakan Pilkada Jateng. Kami akan berkoordinasi di semua daerah untuk melengkapi berkas-berkas yang kurang,” katanya. (far)

You might also like

Comments are closed.