PKS Sudah Siapkan Kandidat Wali Kota dan Wawali  

SEMARANG – Belum jelasnya payung hukum pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada), bisa dijadikan kesempatan bagi partai-partai politik untuk melakukan persiapan pemilihan wali kota dan wakil wali kota (Pilwakot) Semarang. Sebab rencananya kabupaten/kota yang masa jabatan kepala daerahnya akan habis tahun depan, Pilwalkot akan digelar serentak se-Indonesia pada bulan September 2015 mendatang.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Semarang Agung Budi Margono mengakui, payung hukum pelaksanaan Pilkada yang masih dalam proses menjadi kesempatan bagi partai untuk bisa melakukan persiapan. Partainya pun sudah melakukan persiapan kandidat yang akan diusung menjadi calon untuk maju dalam Pilwakot.

Pihaknya sudah mengantongi nama-nama calon kandidat yang nantinya akan diajukan dalam bursa calon wali kota atau wakil wali kota (wawali). ‘’Untuk nama-nama kandidat kita sudah ada penjaringan, tapi kita masih menunggu arahan dari DPW (Dewan Pimpinan Wilayah). Karena Kota Semarang tidak sendirian, ada belasan kabupaten/kota yang mempersiapkan ini juga,’’ terangnya, Selasa (18/11).

Menurut Wakil Ketua DPRD Kota Semarang itu, payung hukum Pilkada yang masih dalam proses harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk persiapan. Dengan Pilkada yang menggunakan Perppu yang saat ini masih dalam pembahasan apakah langsung atau tidak, maka banyak waktu untuk melakukan penjaringan dan penajaman terhadap calon kandidat. ‘’Saya pikir, ini kesempatan bagi partai-partai,’’ tegasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Semarang Henry Wahyono menyatakan, pihaknya masih menunggu arahan dari KPU pusat. Sehingga pihaknya belum bisa menjadwalkan ulang proses pencoblosan. ‘’Jadwal yang sebelumnya sudah tidak bisa dipakai. Kita tunggu dari pusat saja. Yang pasti kita siap,’’ tandasnya. (MS-13)

You might also like

Comments are closed.