PLN Sambung Listrik Gratis di Kulon Progo

– SAMBUNG LISTRIK GRATIS- Sebanyak 54 Rumah Tangga di Kulon Progo mendapatkan bantuan sambung listrik gratis dari PLN. Foto : ist/metrosemarang.com

 

YOGYAKARTA- PLN kembali melakukan penyambungan gratis kepada masyarakat kurang mampu di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR) PLN Peduli. Pada Rabu (10/6), sebanyak 54 Rumah Tangga di Kabupaten Kulonprogo menerima sambungan listrik gratis sebagai bentuk kepedulian PLN pada masyarakat yang belum memiliki kesempatan untuk menikmati listrik di tempat tinggalnya.

Penyalaan secara simbolis dilakukan oleh Bupati Kulon Progo, Sutedjo, di rumah salah satu warga. Dalam sambutannya, Sutedjo menyampaikan apresiasinya atas program PLN yang sangat bermanfaat untuk peningkatan taraf hidup warga Kulonprogo.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Yogyakarta, Ahmad Mustaqir, menyampaikan bahwa bantuan tersebut merupakan salah satu upaya PLN untuk meningkatkan Rasio Elektrifikasi dan sekaligus bentuk tanggung jawab sosial PLN untuk dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi penerima bantuan.

“Melalui program ini, PLN terus berkomitmen menjalankan kegiatan tanggung jawab sosial dengan fokus SDGs (Sustainable Development Goals) salah satunya yaitu ketersediaan energi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Secara rinci total penyambungan listrik gratis di wilayah kerja PLN UP3 Yogyakarta pada Program PLN Peduli mencapai 120 pelanggan yang tersebar di sejumlah kabupaten di Yogyakarta dengan nilai bantuan sebesar Rp 86.515.000. Penggunaan dana tersebut meliputi biaya penyambungan, token perdana, Sertifikat Laik Operasi (SLO), dan instalasi di rumah penerima bantuan. Selanjutnya, untuk pemakaian listrik akan menjadi tanggungan bagi pengguna masing-masing.

Kebahagiaan pun dirasakan para penerima bantuan yang baru saja rumahnya dialiri listrik. Salah satu diantaranya ialah Suwarni, yang menyampaikan rasa sangat bersyukur karena sudah mempunyai sambungan listrik sehingga bisa digunakan untuk kebutuhan rumah tangganya. Warga lainnya, Sugiyo, menyebut dirinya lega karena tidak perlu lagi menyalur dari saudaranya dan dapat menggunakan listrik mandiri.

Pada kesempatan ini juga diberikan bantuan 1 buah gerobak angkringan dan 1 buah mesin jahit oleh Yayasan Baitul Mal (YBM) PLN yang disambut baik oleh warga sekitar.

Selain menjalankan Program PLN Peduli, saat ini PLN juga terus berinovasi untuk memberikan kemudahan pelanggan dalam mengakses layanan kelistrikan dalam satu genggaman. Aplikasi New PLN Mobile hadir dengan berbagai fitur layanan muali dari pembelian token listrik, pemeriksaan tagihan, layanan pasang baru dan tambah daya, simulasi biaya permohonan, catat meter mandiri maupun pengaduan.

“Segera Install Aplikasi PLN Mobile dengan layanan yang semakin lengkap. Aplikasinya sudah bisa diunduh melalui Appstore dan Playstore. Tentunya dengan layanan di genggaman tangan, semua jadi makin mudah,” pungkas Mustaqir.(aln)

You might also like

Comments are closed.