Polda Jateng Geledah Kantor Dinpora Demak terkait Korupsi Dana TIK

Petugas Subdit 3 Tindak Pidana Korupsi Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Jawa Tengah menggeledah Kantor Dinpora Demak, Senin (25/5). Foto: metrosemarang.com/ilyas aditya
Petugas Subdit 3 Tindak Pidana Korupsi Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Jawa Tengah menggeledah Kantor Dinpora Demak, Senin (25/5). Foto: metrosemarang.com/ilyas aditya

DEMAK – Petugas Subdit 3 Tindak Pidana Korupsi Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Jawa Tengah menggeledah Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Demak di Jalan Katonsari No 89, Senin (25/5). Penggeledahan tersebut terkait kasus dugaan korupsi dana pengadaan sarana teknologi ilmu komputer (TIK) untuk SD dan SDLB dengan kerugian Rp 1,3 miliar.

Dalam penggeledahan itu, tim penyidik membawa berkas dan seperangkat Computer Personal Unit (CPU). “Terjadi dugaan penyimpangan dana pengadaan sarana TIK untuk 103 SD dan SDLB, anggaran dari APBD tahun 2012 dengan pagu Rp 2,9 miliar,” kata Kasubdit 3 AKBP Syarif Rahman yang ikut dalam penggledahan.

Pengadaan sarana TIK dari Dinpora Demak itu berupa unit komputer dan leptop dengan rekanan PT WAP yang memenangkan kontrak dengan nilai Rp 2,23 miliar. Namun dalam perjalanan pengadaannya, ternyata  spesifikasi komputer maupun laptop lebih rendah dari perjanjian.

“Antara spesifikasi dan barang yang datang tidak sama. Barang sumbernya dari lokalan Demak sama Semarang. Jadi tipenya tidak sesuai. Barang kan ada hardware dan software, patut diduga software-nya bajakan. Kerugian sekitar Rp 1,3 miliar,” terang Syarif.

Kendati demikian, hingga saat ini kepolisian belum bisa menetapkan tersangka dalam kasus yang  naik menjadi penyidikan  awal bulan Mei 2015 lalu. Namun pihaknya mengaku sudah ada dua orang yang diduga sebagai pelaku.

“Dari bukti di tempat kita memang ada pelaku, namun untuk status tersangka masih proses,” tandasnya. (yas)

You might also like

Comments are closed.