Polda Jateng Ungkap Bisnis Kosmetik Ilegal di Kudus

Ilustrasi
Ilustrasi

SEMARANG  – Seorang pria berinisial SMN (36) ditangkap Tim Subdit III Direktorat Narkoba Polda Jawa Tengah, karena kedapatan menjual kosmetik ilegal tanpa izin edar yang diduga berbahaya. Ia ditangkap di ruko tempat ia menjual kosmetiknya, di Kelurahan Bacin, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Sabtu (7/3) lalu.

“Kedapatan menjual kosmetik tanpa izin edar. Dia melayani pembeli orang-orang tertentu di ruko. Saya belum tahu apakah dijual online atau tidak, kalau iya berarti peredarannya lebih luas,” kata Kasubdit III Direktorat Narkoba Polda Jateng, AKBP Budi Hidayat Senin (9/3).

Selain tersangka, berbagai jenis kosmetik tanpa label dan keterangan pun ikut disita petugas. Di antaranya, sabun kecantikan, tabir surya, krim kecantikan, bedak, lulur dan jenis lainnya.

Dalam penangkapannya, diketahui kosmetik tersebut ternyata dijual kepada pembeli-pembeli tertentu dan diduga juga dijual online. “Ini tidak ada labelnya, ini harus ada keterangan pemakai. Barang-barang semacam ini harus ada jenisnya apa,” imbuhnya.

Karena aksi nekatnya  SMN terancam dijerat Pasal 196, Pasal 197 Undang-undang 36 Tahun 2009 tentang kesehatan dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun penjara.

Kendati demikian, hingga saat ini petugas belum melakukan penahanan terhadap SMN. Pihak kepolisian masih mendalami keterangan tersangka SMN. (yas)

You might also like

Comments are closed.