Polimarin Jalin Kerjasama dengan Kobangdikal

kobangmedia1

SEMARANG – Institusi kemaritiman punya peran besar dalam menekan peredaran narkoba. Dengan sebagian besar wilayah berupa lautan, Indonesia dituntut bisa menciptakan pelaut-pelaut handal yang mampu melakukan pengawasan terhadap kemungkinan masuknya narkoba dari luar negeri.

Hal tersebut dikemukakan Komandan Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Dankobangdikal) Laksda TNI I.N.G.N. Ary Atmaja di sela-sela kuliah umum di Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin) serta penandatanganan kerjasama di bidang pendidkan kemaritiman, Rabu (28/1).

Menurutnya, dalam memerangi peredaran narkoba di dunia kemaritiman pihaknya sudah melakukan beberapa langkah di antaranya melalui sidak bersama Badan Narkotika Nasional (BNN).  Pria kelahiran Denpasar ini berharap, moral calon pelaut Indonesia harus bisa dijaga sehingga mampu bersaing dengan negara tetangga.

“Apabila generasi pelaut kita tidak dibekali dengan kompetensi, kemampuan beradaptasi yang bagus, serta sikap moral yang kuat, dikawatirkan perusahaan pelayaran dalam negeri akan didominasi oleh pelaut asing,” katanya.

Untuk itu, lanjutnya, semua institusi kemaritiman harus memacu anak didik serta jajarannya agar  meningkatkan keterampilan seperti penguasaan bahasa asing utamanya Bahasa Inggris. “Melalui kerjasaman ini, Kobangdikal dapat memberikan dukungan untuk mencetak SDM Polimarin yang handal, siap kerja, mempunyai kompetensi serta berkarakter tangguh,” imbuh Ary.

Poin-poin yang diperoleh Polimarin melalui kerjasama dengan Kobangdikal ini di antaranya pelajaran kedisiplinan, bela negara, kejuangan, materi kompetensi sarana-prasarana seperti simulator, bridge simulator dengan generasi terbaru, penyelamatan kapal, serta biologi dan ancaman kimia.

Sementara, Direktur Polimarin Sri Tutie Rahayu, M.Si menegaskan bahwa melalui kerjasama ini diharapkan agar lulusan Polimarin menjadi perwira pelayaran niaga yang tidak hanya tangguh dalam pengetahuan dan skill-nya, namun ditutut juga berkarakter tangguh serta berdisiplin. (joe)

You might also like

Comments are closed.