Polisi Ancam Kandangkan Bus yang Ngetem di Luar Terminal Mangkang

Armada bus yang masih nekat ngetem di luar Terminal Mangkang terancam disita. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Armada bus yang masih nekat ngetem di luar Terminal Mangkang terancam disita. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

SEMARANG – Sejumlah operator bus dan angkutan umum ngetem di terminal bayangan tepatnya di depan Terminal Mangkang. Mereka melakukannya dengan dalih bahwa Terminal Mangkang belum optimal pemanfaatannya.

“Kalau masuk terminal sepi, lebih enak ngetem di sini (terminal bayangan). Biasanya penumpang juga enggan masuk terminal,” kata seorang sopir bus.

Dia menambahkan, bus yang ngetem di luar terminal juga memudahkan penumpang yang ingin oper ke bus lain. Mereka tidak perlu terlalu lama di dalam bus yang menunggu penumpang di terminal.

Kanit Lantas Polsek Ngaliyan, Iptu Wahono mengatakan, pihaknya sudah berulangkali melakukan penertiban terhadap bus yang berhenti di pinggir jalan depan Terminal Mangkang. Namun, hingga kini masih banyak awak bus yang nekat melakukan aksi tersebut.

“Kami sudah melakukan sosialisasi menggunakan pendekatan humanis. Jika tidak diindahkan, maka kami akan tilang,” ujarnya, Senin (19/5) siang di terminal bayangan.

Dia menambahkan, jika armada sudah berkali-kali ditilang namun tidak kapok, maka tak menutup kemungkinan armada tersebut akan disita. Menurutnya, kegiatan menaik turunkan penumpang di luar terminal termasuk membahayakan banyak orang. (ade)

You might also like

Comments are closed.