Polisi Bersenjata Kawal Soal UN di Kendal

METROSEMARANG.COM – Paket soal Ujian Nasional (UN) Kabupaten Kendal tiba di kantor Dinas Pendidikan setempat, Sabtu (2/4) pagi tadi. Pengawasan ketat yang melibatkan petugas kepolisian maupun pengawas independen diberlakukan untuk mengantisipasi kecurangan.

Soal-soal yang masih terbungkus kertas tersebut dipilah-pilah sesuai dengan sekolah agar memudahkan saat pengambilan yang baru akan dilaksanakan pada Senin (4/4) besok.

Ratusan paket soal ini berkurang jumlahnya dibandingkan tahun lalu. Sebabnya, tahun ini sekolah yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bertambah.

Pengecekan soal IN di Kabupaten Kendal. Foto: metrojateng.com
Pengecekan soal IN di Kabupaten Kendal. Foto: metrojateng.com

“Tahun lalu jumlah sekolah yang melaksanakan UNBK hanya 3 sekolah,  sedangkan tahun ini jumlahnya bertambah menjadi 15 terdiri dari 7 sekolah menengah atas dan 8 sekolah menengah kejuruan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kendal, Muryono

Sedangkan untuk mengantisipasi listrik padam, Dinas Pendidikan Kabupaten Kendal sudah menginstruksikan kepada sekolah yang melaksanakan Ujian Nasional berbasis Komputer (UNBK) untuk menyiapkan genset.

“Kami juga sudah melayangkan surat ke PLN agar tidak ada pemadaman listrik saat pelaksanaan ujian. Jika memang ada pemeliharaan jaringan kita meminta dilakukan setelah pelaksanaan ujian,” imbuh Muryono.

Sementara itu Kepala Bidang Pendidikan Menengah, Sri Bagus mengatakan, soal ujian akan didistribusikan mulai senin dengan cara diambil di dinas pendidikan berdasarkan jadwal yang ada. “Untuk soal ujian nasional berbasis komputer sendiri baru bisa didownload saat pelaksanaan ujian,” ujarnya.

Di Kabupaten Kendal sendiri, jumlah peserta ujian nasional tingkat SMA dan SMK serta kejar paket C sebanyak 12.202 peserta terdiri dari SMA  4.869, SMA LB  2 orang, SMK  sebanyak 6.133 dan kejar paket C 1.198 peserta. (metrojateng.com/MJ-01)

 

You might also like

Comments are closed.