Polisi Jaga Ketat Lokasi Munculnya Api Misterius di Jangli Tlawah

Rumah Kastari yang ikut terbakar akibat kemunculan api misterius. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Rumah Kastari yang ikut terbakar akibat kemunculan api misterius. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

METROSEMARANG.COM – Aparat Kepolisian Sektor Candisari Semarang, hari ini, Sabtu (20/2), telah mempertebal penjagaan di sekitar lokasi penemuan api misterius yang berada di Kampung Jangli Tlawah III RT 06/V Karanganjar Gunung. Kapolsek Candisari Iptu Dhayita Daneswari telah mengerahkan intelejen untuk mengamankan titik munculnya api misterius di Jangli Tlawah.

Untuk sementara ini, menurut Dhayita, situasi keamanan setempat masih kondusif. “Petugas saya setiap malam terus berpatroli untuk memastikan bila keamanan di situ benar-benar kondusif,” ujar Dhayita, saat dihubungi metrosemarang.com.

Meski demikian, ia mengaku sedang mendalami penyelidikan ihwal munculnya api misterius yang meneror rumah-rumah warga setempat. Polisi pertama kali mendapatkan informasi adanya kejadian aneh itu pada akhir Januari 2016. Saat itu, warga yang melapor mengaku resah karena api misterius itu telah membakar tiga rumah warga setempat.

Ketiga rumah yang muncul api misterius ini milik tiga bersaudara yakni Ruswanto, Kusranto dan Kastari. “Saat saya cek sendiri ke lokasi, ternyata dipastikan tidak ada bau gas di dalam rumah. Ada apa ini sebenarnya,” kata Dhayita.

Saat ini, tim Inafis Polrestabes Semarang telah mengambil sejumlah barang bukti di tiga rumah warga Jangli Tlawah III. “Karena kejadiannya termasuk kebakaran, maka tim Inafis Polrestabes mendatangi lokasi kejadian. Tapi ternyata tida ada unsur tindak pidana sama sekali,” ujar Dhayita.

Untuk memastikan penyebab kemunculan api misterius tersebut, Dhayita mengungkapkan petugas Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) ikut mengecek sumber kemunculan api. Tapi lagi-lagi,petugas BPBD tak menemukan unsur penyebab munculnya api misterius ini.

“BPBD Kota Semarang juga mengecek di lokasi kejadian. Merea sudah melihat kondisinya. Titik api berasal dari ruang tengah di rumah Pak Ruswanto. Tapi mereka juga tidak ditemukan penyebabnya, karena tidak ada satu pun instalasi listrik yang rusak,” sambungnya.

Dhayita menyatakan, sejak kemunculan api misterius itu, satu rumah milik Kusranto ludes terbakar. Kusranto menderita kerugian Rp 75 juta. “Sedangkan dua rumah lainnya hanya perabotan rumahnya yang terbakar,” jelas Dhayita.

Dhayita berharap, masyarakat tetap berpikir rasional dalam menyikapi fenomena aneh di Kampung Jangli Tlawah. (far)

You might also like

Comments are closed.