PP Nomor 18 Diteken, Tunjangan Dewan Naik Bulan Depan

METROSEMARANG.COM – Para anggota DPRD Jateng pada tahun ini girang bukan kepalang. Musababnya, Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2017 tentang hak keuangan dan hak administratif anggota DPRD telah diteken oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ketua DPRD Jawa Tengah, Rukma Setyabudi
Foto: metrosemarang.com/dok

Alhasil, Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi, menyebut bahwa realisasi kenaikan tunjangan anggota dewan bakal berlaku efektif sejak APBD Perubahan disahkan pada September 2017.

“Ini suatu sangat positif. Saya senang sekali. Dengan tunjangan bagus, gaji lebih mantap, kita merasa lebih cukup,” ujar Rukma, di Lantai IV Gedung DPRD Jateng, Selasa (22/8).

Lebih lanjut, ia menambahkan adanya pengesahan PP Nomor 18 maka dapat memberi kepastian bagi anggotanya untuk mendapat kenaikan tunjangan tiap tahun.

Ia mengklaim naiknya tunjangan bagi para legislator merupakan hal wajar. Pasalnya, pengeluaran anggotanya sebenarnya sangat banyak.

Menurutnya tiap legislator biasanya kerap mendapat puluhan undangan resepsi pernikahan, penawaran pasang iklan, memberi bantuan dana proposal lembaga atau organisasi sampai menerima keluhan konstituen.

“PNS dengan gaji Rp 10 juta pulang rumah masih utuh. Tapi, buat kami yang duduk di kursi legislator enggak bisa kayak gitu dong. Kita mungkin Rp 50 juta. Karena kan dalam sebulan kira-kira diundang 20 resepsi nikah, khitanan, lahiran dan sejenisnya,” bebernya.

“Nah setiap datang ke undangan masyarakat, saya harus nyumbang Rp 500 Ribu. Kalau sudah kenal paling enggak Rp 1 Juta. Tinggal kalikan saja dengan 20 undangan. Maka wajar kalau kita dapat kenaikan tunjangan. Mungkin idealnya tunjangannya naik lebih dari Rp 10 Juta,” akunya.

Dengan adanya kenaikan tunjangan, ia pun mengimbau kepada semua anggotanya supaya meningkatkan kinerja dengan lebih baik dan optimal. Pun demikian dengan tugas-tugas di lapangan harus dilakukan dengan disiplin dan jangan ada lagi tindak pidana korupsi.

“Jangan neko-neko lagilah,” sergahnya. (far)

You might also like

Comments are closed.