PPPA Daarul Quran Buka Seleksi Beasiswa Tahfidz untuk Mahasiswa Baru

METROSEMARANG.COM – Program Pembibitan Penghafal Al Quran (PPPA) Daarul Quran  membuka seleksi Beasiswa Tahfidz Quran (BTQ) for Leaders 2016. Beasiswa ini diperuntukkan bagi lulusan SMA sederajat yang diterima di perguruan tinggi negeri. Ada 100 kuota yang disediakan untuk beasiswa ini.

Koordinator BTQ for leaders PPPA Daarul Quran wilayah Jawa Tengah-DI Yogyakarta, Noor Aflah mengatakan, beasiswa tersebut dalam rangka mencetak pemimpin masa depan yang berakhlak Quran dan kepedulian sosial yang tinggi. Pihaknya mempersilakan kepada para lulusan MA/SMA/SMK sederajat untuk mendaftar.

Koordinator BTQ for Leaders PPPA Daarul Quran wilayah Jateng-DIY Noor Aflah menyerahkan poster kepada Pembantu Rektor III Undip Budi Setyono. Foto: istimewa
Koordinator BTQ for Leaders PPPA Daarul Quran wilayah Jateng-DIY Noor Aflah menyerahkan poster kepada Pembantu Rektor III Undip Budi Setyono. Foto: istimewa

“Syaratnya, minimal sudah memiliki hafalan Al Quran dua juz, berasal dari keluarga tidak mampu dan diterima di perguruan tinggi negeri,” katanya, baru-baru ini.

Dia menyebutkan, ada 24 perguruan tinggi negeri yang menjadi rekomendasi PPPA Daarul Quran. Untuk Jawa Tengah ada tiga, yaitu UIN Walisongo, Universitas Diponegoro (Undip) dan Universitas Negeri Semarang (Unnes).

“Untuk Jateng mendapat jatah kuota 10 orang. Penerima beasiswa akan memeroleh fasilitas biaya pendidikan selama delapan semester dan uang saku Rp 500 ribu perbulan,” jelasnya.

Tak hanya itu, penerima beasiswa BTQ for Leaders  PPPA Daarul Quran juga akan mendapatkan pembinaan intensif mulai dari program tahfizh hingga pengembangan softskill dan kepemimpinan. Adapun, pendaftaran beasiswa dilaksanakan dalam dua gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan mulai 10-24 Mei 2016. Sedangkan gelombang kedua dilaksanakan pada 30 Juni-14 Juli 2016. Informasi selengkapnya bisa diakses di bit.ly/infoBTQ.

PPPA Daarul Quran sudah melakukan kunjungan ke berbagai perguruan tinggi negeri untuk sosialisasi BTQ for Leaders. Tanggapan positif muncul dari sejumlah pimpinan kampus salah satu di antaranya Rektor UIN Walisongo, Prof Muhibbin. “Saya senang ada pihak yang membantu anak-anak cerdas dari keluarga tidak mampu,” katanya saat menerima kunjungan PPPA Daarul Quran.

Pembantu Rektor III Undip, Budi Setyono juga menyampaikan hal yang sama. Menurut Budi, beasiswa yang digulirkan PPPA Daarul Quran sesuai dengan program terbaru Undip. “Undip tahun ini membuka jalur khusus bagi mahasiswa yang hafal Al Quran minimal dua juz. Kami menargetkan  25-30 mahasiswa baru yang hafal Quran. Saya berharap Daarul Quran bisa jadi mitra,” katanya. (din)

You might also like

Comments are closed.