Pria Jogja Tempuh Ratusan Kilometer untuk Promosikan Egrang pada Jokowi

yudi-egrang

SEMARANG – Selangkah demi selangkah, Yudi Karyono berjalan di atas egrangnya menyisir Jalan Diponegoro Semarang, Selasa (23/6) siang. Pria asal Yogyakarta ini sedang menjalankan misi untuk membujuk Presiden Joko Widodo agar menjadikan egrang sebagai olahraga tradisional Indonesia.

Yudi berangkat dari rumahnya di  Panembahan KT 2/418  RT 48 RW 13 Kecamatan Kraton, Yogyakarta sejak 10 Juni 2015 lalu. Meski berpuasa, pria berusia 52 itu tetap bersemangat melangkahkan egrang setinggi kurang lebih dua meter itu.

“Impian saya ingin kembali menghidupkan dan memperkenalkan egrang di masyarakat luas, makanya saya naik egrang dari Yogyakarta ke Jakarta. Selain itu ingin bertemu Jokowi di Jakarta agar mau mencanangkan egrang sebagai olahraga tradisional Indonesia,” kata Yudi saat beristirahat di Masjid Miftakhul Huda, Jalan Diponegoro 4D Semarang.

Dengan membawa bendera bertuliskan ‘Tanpo Bondo, Tanpo Pangkat, Nanging Ndue Niat, Sowan Jokowi Sangumung Tekat’, Yudi yakin impiannya akan menjadi kenyataan. “Banyak rintangan. Barang saya juga sempat dicuri saat beristirahat di Muntilan, tapi saya sudah niat, makanya saya terus berangkat,” imbuh bapak dua orang anak tersebut.

Selama berada di Semarang, Yudi juga berencana akan mengunjungi Gubernur Ganjar Pranowo di kantornya untuk meminta doa restu, sebelum melanjutkan perjalanan ke Jakarta. (yas)

You might also like

Comments are closed.