Progres Terlambat 12 Persen, Underpass Jatingaleh Potensi Macet saat Mudik

METROSEMARANG.COM – Kemacetan berpotensi terjadi di titik pembangunan Underpass Jatingaleh saat arus mudik Lebaran 1438 H nanti. Sebab progres pembangunan jalan tersebut baru selesai 60%, mengalami keterlambatan sekitar 12% dari yang ditargetkan dalam kontrak.

Kepala Satker Pelaksanaan Pembangunan Jalan Nasional Metropolitan menjelaskan pelaksanaan pembangunan underpass Jatingaleh kepada Wali Kota Semarang, Jumat (26/5). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Keterlambatan disampaikan sendiri oleh Kepala Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Metropolitan Semarang, Danang Triwibowo, saat menerima Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi melakukan tinjauan di lokasi pembangunan, Jumat sore (26/5). Ia mengatakan, progres pembangunan underpass sampai saat ini baru 60% karena mengalami sejumlah kendala.

”Kendalanya selama bulan April cuaca masih sering hujan dan sulit mencari material yang dibutuhkan. Misalnya untuk mendapatkan tanah urukan sebanyak 1.000 m3 per hari itu tidak mudah. Apalagi harus tanah urukan yang bagus untuk menjamin kepadatan,” ungkapnya.

Meski terlambat, pihaknya mengklaim sudah melalukan sejumlah upaya percepatan. Terbukti saat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat meninjau ke lokasi sekitar seminggu yang lalu baru selesai 50%. Namun sekarang dalam seminggu sudah tambah 10% menjadi selesai 60%.

Tapi pihaknya juga mengakui, tidak dapat memastikan saat arus mudik Lebaran nanti pekerjaan sudah selesai. ”Namun kami akan berupaya untuk setidaknya bisa fungsional, artinya meskipun belum jadi seluruhnya tapi bisa dilewati kendaraan,” pungkasnya. (duh)

You might also like

Comments are closed.