PSIS Ajukan Keberatan Pembagian Jadwal Liga 2

METROSEMARANG.COM – PSIS Semarang akhirnya resmi mengajukan keberatan terkait rancangan jadwal Liga 2 yang dirilis pada Senin (10/4) kemarin. Nota keberatan tersebut dituangkan dalam surat yang ditandatangani CEO PT Mahesa Jenar Semarang, Yoyok Sukawi selaku pengelola PSIS dan sudah dilayangkan pada Selasa (11/4) pagi.

PSIS resmi mengajukan keberatan terkait jadwal Liga 2. Foto: metrosemarang.com

“Kami secara resmi sudah mengajukan keberatan kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi, terkait penjadwalan di Liga 2, khususnya PSIS. Surat sudah kami kirimkan pagi tadi,” kata Yoyok.

Sesuai draft jadwal yang diterima PSIS, tim Ibukota Jateng lebih banyak memainkan pertandingan di tengah pekan. Tercatat hanya ada satu laga kandang yang digelar akhir pekan saat menjamu PSIR Rembang pada Sabtu (12/8).

Menurut Yoyok, ada tiga poin utama yang tertuang dalam surat tersebut. “PSIS keberatan pertandingan yang dilaksanakan pada hari kerja karena mayoritas penonton (suporter) adalah pekerja. Hal ini sekaligus menyuarakan aspirasi pendukung fanatik yang menolak pertandingan pada hari kerja,” tukasnya.

Selain itu, PSIS juga keberatan terkait jadwal siaran langsung untuk pertandingan kandang. Dari total tujuh pertandingan home, enam di antaranya disiarkan televisi swasta.

“Dengan adanya live tentunya berdampak menurunnya pendapatan tiket, dan tidak sebanding dengan kompensasi hak siar yang diperoleh dari operator,” imbuh pria yang juga Ketua Komisi E DPRD Jateng tersebut.

Sekadar diketahui, pertandingan yang dilakoni PSIS sebagian besar berlangsung pada hari Kamis (7 kali) dan lima laga digelar pada sabtu, serta Selasa dan Rabu masing-masing sekali. Johan Yoga dkk dijadwalkan memulai petualangan di Liga 2 dengan menyambangi markas Persipur Purwodadi pada Sabtu (22/4).

“PSIS juga mengusulkan pemerataan jadwal live dengan klub lain dalam 1 grup, karena masih banyak klub yang belum mendapatkan jatah live,” tandasnya.

Dengan banyaknya pertandingan kandang yang disiarkan langsung televisi dan digelar pada tengah, berpotensi mengurangi pendapatan Panitia Pelaksana (Panpel) pertandingan PSIS. Padahal, untuk satu kali laga home setidaknya menghabiskan biaya mencapai Rp 150 juta. (twy)

Draft Jadwal PSIS

Putaran I
Sabtu 22 April vs Persipur (away)
Kamis 27 April vs Persipon (home)
Kamis 4 Mei vs Sragen FC (home)
Kamis 11 Mei vs PSIR (away)
Kamis 18 Mei vs PPSM (home)
Kamis 5 Juli vs Persis (away)
Rabu 12 Juli vs Persiba (home)

Putaran II
Selasa 18 Juli vs Persipur (home)
Sabtu 29 Juli vs Persipon (away)
Sabtu 5 Agustus vs Sragen FC (away)
Sabtu 12 Agustus vs PSIR (home)
Sabtu 19 Agustus vs PPSM (away)
Kamis 24 Agustus vs Persis (home)
Kamis 14 September vs Persiba (away)

You might also like

Comments are closed.