PSIS Butuh 4 Angka Lagi untuk Lolos ke Semifinal

image
Fauzan Fajri dkk masih butuh empat angka lagi untuk mengunci tiket semifinal. Foto Metrosemarang/MS-01

SEMARANG – Kemenangan di kandang PSGC Ciamis makin melapangkan jalan PSIS menuju semifinal. Fauzan Fajri cs hanya butuh tambahan empat angka lagi untuk menjadi salah satu wakil Grup N di fase empat besar.

Trigol Hari Nur plus satu gol dari Franky Mahendra memastikan Mahesa Jenar menang 4-2 atas PSGC di Stadion Galuh, Minggu (12/10) sore. Hasil ini, untuk sementara menempatkan PSIS di tanggak kedua klasemen Grup N dengan poin lima atau dua angka lebih sedikit dari PSS Sleman.

Dengan lima angka yang sudah dikantongi, secara matematis pasukan the Blues hanya tinggal menambah empat poin lagi untuk menyegel tiket ke semifinal. Syaratnya, anak buah Eko Riyadi harus bisa mengalahkan PSGC pada pertemuan kedua di Jatidiri, 18 Oktober mendatang.

Jika target itu terpenuhi, praktis PSIS minimal cukup bermain seri saat menjamu Persiwa Wamena, Rabu (22/10). Tambahan empat angka itu bakal menjadikan poin Mahesa Jenar menjadi sembilan. Poin tersebut memang masih mungkin disamai PSGC yang saat ini baru mengemas tiga angka, jika Morris Power dkk sanggup memaksimalkan dua laga tersisa. Tapi, PSIS punya keunggulan rekor head to head atas Laskar Galuh.

Bagaimana dengan Persiwa? Dibanding tiga kontestan lain di Grup N, peluang pasukan Badai Pegunungan adalah uang paling kecil. Mereka dituntut bisa menyapu bersih tiga pertandingan di putaran kedua 8 besar. Peluang itu sangat berat, mengingat Yao Rudi dkk harus melakoni dua laga away di Sleman dan Semarang.

Jika PSIS mampu menggulung PSGC dan minimal bermain imbang kontra Wamena, pertandingan terakhir di kandang  PSS bisa jadi hanya untuk penentuan juara grup. Namun, skenario bisa berubah, andai klub yang bermarkas di Stadion Jatidiri itu hanya bermain imbang saat menjamu PSGC. Dengan demikian, PSGC masih mungkin mengumpulkan 10 angka, dengan catatan selalu menang di dua laga selanjutnya.

Dengan melihat tren positif yang diperlihatkan PSIS, kans untuk memberi kekalahan kedua buat PSGC sangat terbuka. Asalkan tidak overconfidence, publik Jatidiri sudah bisa berpesta usai laga melawan Persiwa. (*)

KLASEMEN GRUP N

TIM          M   Mn   S   K   Gol    N
PSS          3    2       1   0    5-2    7
PSIS         3    1       2   0    7-5    5
PSGC       3    1       0   2    4-6    3
Persiwa  3    0       1   2    1-4    1

You might also like

Comments are closed.