PSIS Datangkan Mantan Kiper Portsmouth

METROSEMARANG.COM – Proyek modernisasi yang dilontarkan CEO PSIS Yoyok Sukawi ternyata bukan isapan jempol belaka. Hari ini pelatih kiper asal Australia sudah merapat dan bergabung dalam latihan skuad Mahesa Jenar di Lapangan Terang Bangsa, Rabu (21/3) pagi.

Andy Petterson (kaus hitam) saat memantau latihan PSIS di Lapangan Terang Bangsa, Rabu (21/3) pagi. Foto: dok psisfcofficial

Andy Petterson namanya. Bukan sosok yang familiar memang, tapi pria 48 tahun itu punya pengalaman berlaga di English Premier League (EPL) semasa masih aktif bermain.

General Manager PSIS Wahyu Winarto mengatakan, status Andy masih calon pelatih kiper. “Belum ada pembicaraan. Dia terakhir melatih di Filipina,” kata dia.

Berdasarkan penelusuran metrosemarang.com, Andy Petterson pernah bermain untuk beberapa klub kasta tertinggi Liga Inggris, meski hanya sebagai kiper pelapis. Sebagian besar adalah klub-klub medioker, macam Charlton Athletic, Portsmouth dan West Bromwich Albion.

Total 19 penampilan ditorehkan Petterson di Premier League dengan durasi 847 menit. Dia juga sempat membela sejumlah klub Divisi Championship, di antaranya Brighton dan Luton Town. 

Walsall FC, klub Divisi 1 Liga Inggris menjadi pelabuhan terakhirnya di Negeri Ratu Elizabeth, sebelum ‘pulang kampung’ dan bermain untuk Newcastle Jets. Setelah pensiun, dia sempat menjadi GM Perth Glory dan Direktur Teknik ECU Joondalup SC. Terakhir dia tercatat sebagai pelatih di GK Pro Goalkeeper Academy Philippines.

Sebelumnya, CEO PSIS Yoyok Sukawi juga sempat menyebut sektor pelatih kiper juga menjadi bagian yang akan dirombak. “Untuk pelatih kiper kami akan datangkan dari Inggris atau Australia,” kata dia, usai launching jersey di MAJT, Sabtu (17/3).

Politisi Partai Demokrat itu serius ingin agar PSIS menjadi tim sepakbola yang modern. Subangkit sudah lebih dulu dicopot dari jabatan pelatih kepala. Sebagai gantinya, manajemen mengincar empat pelatih asing, Dejan Antonic, Paulo Camargo, Gomes de Oliveira hingga Dragan Djukanovic. 

Sampai saat ini atau dua hari jelang pembukaan Liga 1, belum ada sinyal salah satu dari mereka bakal merapat. Sementara, armada Mahesa Jenar harus melakoni laga perdana pada Minggu (25/3) di kandang PSM Makassar. (twy)

 

You might also like

Comments are closed.