PSIS Incar Pelatih Asing Gantikan Subangkit

METROSEMARANG.COM – Manajemen PSIS tak akan buru-buru menunjuk pelatih baru untuk menggantikan Subangkit yang resmi diberhentikan  hari ini. Sejumlah kandidat disiapkan untuk mengisi posisi yang ditinggalkan eks pembesut Mitra Kukar.

PSIS tak mau buru-buru cari pengganti Subangkit

PSIS dan Subangkit harus berpisah jalan setelah menjalin kerja sama selama 16 bulan. Pelatih 58 tahun itu dinilai gagal mendongkrak performa Haudi Abdillah cs dalam masa persiapan menuju kompetisi Liga 1 2018.

CEO PSIS, Yoyok Sukawi berdalih jika keputusan mendepak Subangkit merupakan bagian dari penyegaran. “Dengan waktu yang sudah mepet, keputusan (mengganti pelatih) ini sangat sulit, tapi harus kami lakukan untuk penyegaran,” kata dia, Kamis (15/3).

Liga 1 dijadwalkan bergulir mulai 23 Maret mendatang. Yoyok mengakui tidak mudah mencari pelatih berlisensi A AFC (sesuai regulasi PT LIB), ketika kompetisi sudah semakin dekat. Menurutnya, manajemen bakal hati-hati sebelum memutuskan mengontrak pelatih anyar.

“Kalau memang memungkinkan sebelum laga pertama, kami sudah umumkan pelatih kepala yang baru. Kalau tidak, kami bisa saja menggunakan caretaker sampai dapat pelatih,” imbuhnya.

Sejauh ini manajemen masih menginventarisasi beberapa kandidat untuk menggantikan peran Subangkit, baik lokal maupun asing. Yoyok pun menyebut sejumlah nama, di antaranya eks pelatih Persija Jakarta Paulo Camargo, mantan pelatih Persib Bandung, Dejan Antonic hingga eks pembesut Madura United, Mario Gomes de Olivera.

“Kami tidak menutup kemungkinan menggunakan jasa pelatih asing. Yang jelas kami cari pelatih yang punya pengalaman melatih di Indonesia. Dia juga harus bisa membawa ide-ide segar yang lebih modern,” tandasnya.

Selain pelatih kepala, manajemen juga akan mereposisi staf kepelatihan. Selama ini ada tiga pelatih yang biasa mendampingi Subangkit, yakni Eko Riyadi, Dwi Setiawan dan Budi Cipto.

“Beberapa staf pelatih secara bertahap akan kami reposisi. Termasuk jabatan Direktur Teknik karena sesuai regulasi juga harus berlisensi,” beber Yoyok.

Sebelum punya pelatih baru, tim akan didampingi tiga asisten pelatih. Minggu (18/3) akhir pekan ini, PSIS bakal melakoni laga uji coba terakhir melawan tuan rumah PSIR Rembang. (twy)

You might also like

Comments are closed.