PSIS Jauhi Garis Degradasi

Poin Penuh dari Kemenangan atas Barito Putera

Kemenangan ini mendongkrak posisi PSIS ke peringkat 13 dengan perolehan 30 poin. Tambahan tiga poin membawa Tim Ibukota Jateng menjauhi zona degradasi

PSIS Semarang akhirnya mencatatkan clean sheet pertamanya di paruh kedua kompetisi. Pelatih Jafri Sastra memuji kinerja barisan pertahanan yang sanggup melindungi gawang Jandia dari gempuran pemain Barito Putera pada laga di Stadion Moch Soebroto Magelang, Sabtu, 13 Oktober 2018.

PSIS Hari Nur
Hari Nur mencetak gol kemenangan PSIS. (foto: metrojateng/Tri Wuryono)

Sebelumnya, gawang PSIS selalu kebobolan dalam tujuh laga musim ini. Gawang Mahesa Jenar terakhir kali tidak kebobolan saat menang 1-0 atas Persebaya Surabaya di akhir putaran pertama atau pekan ke-17 pada 22 Juli silam.

Setelahnya, PSIS belum pernah mencatat clean sheet sampai laga kontra Barito Putera di pekan ke-25. Dalam tujuh pertandingan di paruh kedua, gawang PSIS sudah kebobolan 11 gol atau 1.57 gol per game.

Saya harus berterima kasih kepada Barito Putera yang telah memberi kami pelajaran berharga tentang cara bertahan yang baik.

-Jafri Sastra, Pelatih PSIS-

 

Barito Putera Bukan Lawan Mudah

Kemenangan atas Barito Putera itu sendiri tidak didapat dengan mudah. PSIS memang unggul cepat saat laga berumur enam menit. Serangan dari sayap kanan diakhiri umpan terukur ke mulut gawang. Hari Nur sukses menyundul bola dan menggetarkan gawang Dian Agus Prasetyo, hingga PSIS unggul 1-0.

Susunan PemainPSIS 42-3-1: Jandia Eka Putra–Safrudin Tahar, Fauzan Fajri, Petar Planic, Gilang Ginarsa; Nerius Alom, M Yunus; Hari Nur Yulianto, Ibrahim Conteh, Komarudin; Bruno Silva

Barito Putera 4-2-3-1: Dian Agus Prasetyo–Dandi Maulana, M Rifki, Aaron Evans, Jajang Sukmara; Mathias Cordoba, Fajar Handika; Gavin Kwan Adsit, Douglas Packer, Paulo Sitanggang; Samsul Arif

 

Akan tetapi setelah itu PSIS mulai mengalami tekanan. Winger Komarudin mengalami cedera di menit 28 dan digantikan Bayu Nugroho. Sepuluh menit kemudian giliran Petar Planic yang bermasalah dengan kakinya, Rio Saputro kemudian menggantikannya. Beruntung Rio Saputro yang menggantikan bek Serbia mampu tampil apik untuk mengimbangi Fauzan Fajri.

Absennya, Hansamu Yama Pranata, Marcel Sacramento dan Risky Pora sebetulnya sedikit mengurangi kekuatan Barito Putera. Peluang pertama didapat Barito Putera di menit ke-17. Heading Aaron Evans harus ditepis dengan susah payah oleh Jandia.

Tampaknya cedera yang dialami Petar Planic di akhir babak pertama benar-benar menjadi ujian bagi lini pertahanan PSIS. Bruno Silva nyaris menggandakan keunggulan Mahesa Jenar di menit 49. Menerima sodoran bola dari Neri Alom, Bruno melepaskan sepakan melengkung tapi masih tipis di sisi kiri gawang Dian Agus.

PSIS hari nur
Hari Nur menjadi pahlawan kemenangan Mahesa Jenar atas Laskar Antasari. (Foto: metrojateng.com/tri wuryono)

Barito Putera merespons semenit berselang. Sepakan keras Paulo Sitanggang melayang di atas mistar. Tim tamu kembali mengancam di menit 58. Kali ini percobaan Samsul Arif bisa dimentahkan Jandia.

 

Babak Penuh Tekanan

Laskar Antasari lebih menguasai permainan di babak kedua dan berkali-kali mengancam pertahanan PSIS. Namun Samsul Arif dkk belum mampu menyamakan skor. Bruno Silva mendapat kans bagus di menit 71. Meneruskan sepak pojok, sundulan striker PSIS melesat di kanan gawang.

PSIS kembali beroleh peluang emas di menit 86. Lagi-lagi melalui Bruno Silva. Sayang sundulan dari jarak dekat yang dilepaskan Bruno bisa ditepis Dian Agus. Bola rebound disambar Ibrahim Conteh dan diblok bek Barito.

Kedua tim sama-sama gagal menciptakan gol hingga akhir laga. Pertandingan berakhir dengan skor 1-0. PSIS memetik poin penuh berkat kemenangan atas Barito Putera itu.

“Pertandingan yang berat dan kami bersyukur bisa melaluinya dengan hasil positif. Saya harus berterima kasih kepada Barito Putera yang telah memberi kami pelajaran berharga tentang cara bertahan yang baik,” kata pelatih PSIS, Jafri Sastra selepas laga.

Hasil Pertandingan PSIS di Putaran Keduavs PSM Makassar 1-1
vs Bali United 0-2
vs Bhayangkara FC 1-2
vs PSMS Medan 3-2
vs Persija 0-1
vs Perseru 4-2
vs Persela 1-1
vs Barito Putera 1-0

 

Pelatih asal Padang itu secara khusus juga melontarkan pujian untuk Rio Saputro. Bek muda PSIS sanggup mengisi peran yang ditinggalkan Petar Planic untuk memastikan gawang Jandia Eka Putra tetap steril sampai akhir laga.

“Hari ini Rio bermain bagus. Rio sudah cukup memiliki jam terbang dan menunjukkan bahwa dia memang layak berada di tim ini,” imbuh Jafri.

Kemenangan ini mendongkrak posisi PSIS ke peringkat 13 dengan perolehan 30 poin. Tambahan tiga poin membawa Tim Ibukota Jateng menjauhi zona degradasi. Selanjutnya mereka akan meladeni tuan rumah PS Tira di Stadion Sultan Agung Bantul, Rabu 17 Oktober 2018. (*)

Reporter: Tri Wuryono
Editor: Eka Handriana

 

You might also like

Comments are closed.