PSIS Sabar Tunggu Playmaker Berkualitas

METROSEMARANG.COM – PSIS Semarang masih membutuhkan suntikan pemain baru untuk menambah kekuatan skuat berlaga di Indonesia Soccer Championship (ISC) B 2016. Gelandang bertipe playmaker menjadi salah satu bidikan jajaran Manajemen Mahesa Jenar setelah sejumlah pemainnya tak mendapat pengesahan dari PT Gelora Trisula Semesta (GTS).

Stok gelandang tengah yang dimiliki PSIS saat ini hanya menyisakan Ahmad Agung, M Yunus, Edy Anto dan Yogi Ardianto. Sedangkan Eli Nasoka dan Andik Rohmat belum juga memperoleh legalisasi dari operator ISC.

Ahmad Agung menjadi andalan di lini tengah PSIS. Foto: metrosemarang.com
Ahmad Agung menjadi andalan di lini tengah PSIS. Foto: metrosemarang.com

Berkaca dari laga perdana melawan Persipur Purwodadi dan ujicoba kontra Tim PON Jateng, sektor tengah menjadi salah satu titik lemah skuat racikan Eko Riyadi. Dengan formasi baku 4-2-3-1, Agung dan Edy Anto diplot sebagai dua gelandang jangkar untuk melindungi kuartet bek, sekaligus mendistribusikan bola saat timnya dalam posisi menyerang.

Namun, skema tersebut belum bisa berjalan mulus. Akibatnya, M Yunus lebih sering turun terlalu jauh untuk mengawali serangan. Bahkan, Johan Yoga yang dipasang sebagai striker tunggal juga kerap menjemput bola ke lini tengah. Kondisi ini tak perlu terjadi jika ada gelandang yang bisa berperan sebagai pengatur serangan.

Dalam dua tahun terakhir, Eko Riyadi biasa menugaskan Edy Anto dan Vidi Hasiholan secara bergantian sebagai gelandang pengatur serangan. Edy nyaris tak tergantikan di musim 2014, sedangkan Vidi mampu menjalankan peran itu dengan sangat bagus saat PSIS berlaga di Polda Jateng Cup.

Musim ini, Edy Anto belum sepenuhnya kembali ke level permainan terbaiknya. Sementara, Ahmad Agung lebih sering berperan sebagai gelandang breaker. Maka sangat beralasan jika Eko Riyadi ingin mendaratkan playmaker anyar. “Dia harus kuat dalam bertahan dan punya kemampuan mendistribusikan bola yang cukup bagus,” sebut Eko tentang gelandang idamannya.

Sejumlah pemain seleksi didatangkan. Eks gelandang Persibat Batang Wahyu  Susilo, jebolan Timnas U19 Vicky Melano hingga mantan pemain Persik Kediri Yayan Andi Triyana pernah dijajal kemampuannya, tapi tak satupun yang memenuhi selera Eko Riyadi cs. Belakangan, tim pelatih masih memantau mantan gelandang Persita Tangerang Lingga Ashadi.

Bos PSIS Yoyok Sukawi mengakui timnya diburu waktu jika ingin menambah pemain baru. Sebabnya, tanggal 15 Mei menjadi deadline pendaftaran pemain gelombang pertama. “Kami memang butuh tambahan pemain, tapi tetap harus selektif. Kami hanya ingin merekrut pemain baru yang minimal punya kualitas sama dengan pemain yang ada saat ini,” kata dia, Selasa (10/5).

PSIS dijadwalkan melakoni laga kedua Grup 4 melawan Persibat Batang di Stadion Jatidiri, Minggu (15/5) mendatang. Laga ini bisa menjadi penebusan atas kegagalan mengamankan tiga angka dari lawatan ke Purwodadi. (twy)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

You might also like

Comments are closed.