PT KAI Bongkar 25 Bangunan Ilegal di Kawasan Alas Tua

Penertiban bangunan di kawasan Alas Tua, Senin (26/1). Foto Metrosemarang/Ade Lukmono
Penertiban bangunan di kawasan Alas Tua, Senin (26/1). Foto Metrosemarang/Ade Lukmono

SEMARANG – PT KAI Daop 4 Semarang menertibkan 25 bangunan liar di sekitar jalur rel (ROW/ Right Of Way) sepanjang Jalan Muktiharjo kawasan Stasiun Alas Tua – jalur Semarang Tawang, Senin (26/1) siang. Humas PT KAI Daop 4 Semarang Suprapto mengatakan, dalam rangka menjamin keselamatan perjalanan kereta api dan warga sekitar rel.

Menurutnya, pembongkaran bangunan liar yang melibatkan polsuska PT KAI Daop 4 Semarang, Satpol PP dan pihak kepolisian setempat berlangsung damai. “Penertiban ini sudah sesuai SOP dan sudah kami layangkan surat sebelumnya kepada piha-pihak terkait,” paparnya.

Kawasan ROW jalur rel sendiri merupakan bagian dari jalur rel KA yang harus steril dari kegiatan dan bangunan yang tidak berhubungan dengan perkeretaapian. Jaraknya sesuai PP no:56 thn 2009 yakni minimal 12 meter dari pusat jalan rel yang terluar.

“Kami berharap agar masyarakat untuk tidak membangun bangunan disekitar wilayah ROW jalur rel KA. Pendirian bangunan liar ini sangat menganggu jarak pandang masyarakat ketika melalui perlintasan sebidang, yg pada akhirnya sangat membahayakan bagi keselamatan warga sendiri,” ujarnya. (ade)

activate javascript

You might also like

Comments are closed.