PT Marimas Beri Kesempatan Berkarir bagi Tiga Penyandang Disabilitas

METROSEMARANG.COM – PT Marimas Putera Kencana melakukan perekrutan karyawan baru untuk penyandang disabilitas, Senin (16/5). Bertempat di kantor PT Marimas di kawasan Industri Candi Jalan Gatot Subroto Semarang, ada tiga pelamar mengikuti tes seleksi masuk yang terdiri dari tes tertulis dan wawancara.

HRD Manajer PT Marimas Putera Kencana Sapti Handayani mengungkapkan, rekrutmen untuk tenaga penyandang disabilitas di Semarang merupakan yang pertama kali dilakukan perusahaan. Ketiga calon karyawan tersebut, nantinya akan dimpatkan di posisi sebagai sales motoris. “Kalau teman-teman itu bisa berkarya di tempat kami, mengapa tidak,” kata Sapti.

Dua penyandang disabilitas mengikuti seleksi di PT Marimas, Senin (16/5). Foto: metrosemarang.com/khoiruddin muhammad
Dua penyandang disabilitas mengikuti seleksi di PT Marimas, Senin (16/5). Foto: metrosemarang.com/khoiruddin muhammad

Sapti menambahkan, ada beberapa pengecualian dalam penerimaan karyawan baru dari kaum difabel. Pengecualian itu antara lain kelonggoran tentang jenjang pendidikan dan batasan usia. Namun, setelah diterima sebagai karyawan, beban pekerjaan sama dengan karyawan lainnya.

“Kalau orang normal kan ijazah minimal SMA, khusus difabel tidak. Usia juga tidak dibatasi, kami lebih fleksible,” ujarnya.

Sapti berharap, rekrutmen tersebut mampu menjadi momen baik bagi kaum difabel untuk membuktikan dirinya bahwa mereka sebenarnya mampu berkarya meski di tengah keterbatasan. “Semoga teman-teman bisa menjadi keluarga besar Marimas, bisa membuktikan dan menjadi inspirasi bagi teman-teman yang bukan difabel,” harapnya.

Sebagai informasi, peraturan penyerapan tenaga kerja difabel tertuang dalam Undang-undang Nomor 4 Tahun 1997. Dalam UU itu ada kuota 1 persen bagi tenaga difabel untuk perusahaan yang memiliki minimal 100 karyawan.

Sementara, berdasarkan data tahun 2014 Dinas Sosial, Pemuda dan Olahraga (Disospora) Kota Semarang, terdapat 6.861 penyandang disabilitas yang tersebar di 16 kecamatan. Mereka terdiri dari 796 tunadaksa, 740 tunanetra, 609  tunagrahita, 645 tunarungu dan 514 cacat ganda. (din)

You might also like

Comments are closed.