PT TSA Diduga Palsukan Dokumen Puluhan TKW

Puluhan calon TKW saat dibawa ke Mapplrestabes Semarang. Foto Metrosemarang/Ilyas Aditya
Puluhan calon TKW saat dibawa ke Mapplrestabes Semarang. Foto Metrosemarang/Ilyas Aditya

SEMARANG – Penyidik Polrestabes Semarang telah memeriksa delapan orang pasca penggerebekan penampungan TKW milik PT Tegar Sukses Abadi (TSA). Perusahaan penyalur tenaga kerja itu diduga memalsukan dokumen sejumlah calon TKW.

Kasat Reskrim Polrestabes Semarang, AKBP Sugiarto mengatakan, penindakan tersebut dilakukan setelah adanya laporan dari salah seorang TKW yang berhasil lolos dari dari tempat penampungan tersebut.

“Modus perusahaan ini yakni dengan melakukan pemalsuan dokumen, seperti mengubah identitas usia calon tenaga kerja, yang seharusnya belum layak menjadi layak,” tuturnya, Rabu (17/12).

Dalam kasus ini, ada delapan orang yang diperiksa, termasuk pengelola yang berinisial ABD. Sampai saat ini , puluhan calon TKW yang didominasi dari berbagai daerah di Jawa Tengah itu masih berada di Mapolrestabes Semarang.

Dalam penggerebekan tersebut, polisi berhasil mengevakuasi 80 TKW. Mereka sebagian besar sudah berada di lokasi penampungan selama tiga bulan.

“Katanya mau dikirim ke Taiwan, tapi sampai sekarang belum berangkat,” tutur Martadi, suami salah seorang calon TKW. (yas)

You might also like

Comments are closed.